Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pengembangan Desa Wisata Jadi Salah Satu Fokus Desa Menteri Sandi

Sandiaga Uno mengatakan, pembangunan dan pengembangan desa wisata menjadi salah satu fokus dirinya saat ini.

Pengembangan Desa Wisata Jadi Salah Satu Fokus Desa Menteri Sandi
ist
Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, pembangunan dan pengembangan desa wisata menjadi salah satu fokus dirinya saat ini. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Bambang Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, pembangunan dan pengembangan desa wisata menjadi salah satu fokus dirinya saat ini.

Menurut Menteri Sandi, hal tersebut merupakan salah satu upaya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk menggairahkan perekonomian melalui sektor pariwisata.

Ia melanjutkan, dengan hadirnya desa wisata mampu menjaga pelestarian budaya dan juga lingkungan di sekitar wilayah tersebut.

Baca juga: Sandiaga Uno: 34 Juta Tenaga Kerja Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Terdampak Pandemi

"Memajukan desa wisata merupakan salah satu fokus yang selalu saya dorong kedepan," jelas Menteri Sandiaga dalam acara konferensi pers Desa Wisata Award secara virtual, Senin (12/4/2021).

"Saya percaya pengembangan desa wisata merupakan upaya mendukung pelestarian budaya dan keharmonisan. Dan menjaga alam serta lingkungan dalam konsep berkelanjutan," tambahnya.

Seperti diketahui, para pelaku di industri pariwisata benar-benar terpukul imbas pandemi Covid-19. Tak hanya itu, masyarakat yang berada di sekitar daerah pariwisata tersebut juga mengalami hal yang serupa.

Sejumlah desa wisata yang pada saat kondisi normal dapat mendatangkan ratusan wisatawan lokal maupun mancanegara, saat ini jumlah kunjungannya tidak stabil.

Baca juga: Motor Listrik Buatan Tangerang Selatan Ini Bisa Dilipat, Sandiaga Uno Langsung Beli Satu

Menteri Sandi kembali melanjutkan, dirinya terus mendorong agar semua pihak turut membantu dan menyukseskan pembangunan dan pengembangan desa wisata. Baik itu Pemerintah daerah, swasta, hingga masyarakat.

Pihak swasta dalam hal ini kerap turut serta memajukan desa wisata. Yakni dengan cara memberikan pembinaan, pendampingan, pengembangan, serta melakukan promosi.

Sehingga yang pada awalnya berstatus sebagai desa wisata rintisan, dapat berkembang menjadi desa wisata mandiri.

"Saya mengajak para pengelola desa wisata dan Pemerintah daerah setempat untuk terus memotivasi meningkatkan status desa wisata rintisan menjadi berkembang menuju desa wisata mandiri," ucap Sandi.

"Agar pariwisata dan ekonomi kreatif dapat bermanfaat dan dapat dirasakan dalam peningkatan perekonomian masyarakat desa wisata dan sekitarnya," pungkasnya.

Ikuti kami di
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas