Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

MotoGP Indonesia Ditunda, Sandiaga Pastikan Persiapan Sirkuit Mandalika NTB Tetap Berlanjut

Seri MotoGP Mandalika rencananya akan dilangsungkan pada musim ini, bahkan sudah masuk dalam daftar cadangan kalender MotoGP 2021.

MotoGP Indonesia Ditunda, Sandiaga Pastikan Persiapan Sirkuit Mandalika NTB Tetap Berlanjut
ist
Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, pembangunan dan pengembangan desa wisata menjadi salah satu fokus dirinya saat ini. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Federasi Olahraga Sepeda Motor Internasional (FIM) dan Dorna Sports telah melakukan peninjauan lapangan ke Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat pada pekan kemarin.

Hasilnya diputuskan MotoGP Indonesia akan digelar pada paruh pertama MotoGP musim 2022.

Keputusan penundaan diambil dengan mempertimbahkan situasi di tengah pandemi Covid-19.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan penundaan penyelenggaraan ajang balap Moto GP Mandalika tahun ini tidak akan mengurangi rencana persiapan termasuk sarana pendukung di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca juga: Kemlu Verifikasi Tuduhan Pelanggaran HAM di Pembangunan Proyek Mandalika

Menurutnya, penundaan justru memberikan waktu yang lebih baik bagi Indonesia dalam mempersiapkan gelaran salah satu ajang sport tourism terbesar dunia itu tahun depan.

"Karena kita akan punya waktu lebih banyak waktu untuk persiapan, promosi, karena akan ada ratusan ribu wisatawan yang hadir langsung menyaksikan perhelatan MotoGP di Mandalika," kata Menparekraf, Selasa (13/4/2021).

Seri MotoGP Mandalika rencananya akan dilangsungkan pada musim ini, bahkan sudah masuk dalam daftar cadangan kalender MotoGP 2021.

Baca juga: Dukung Persiapan MotoGP dan World Superbike, Bamsoet Dorong Pembangunan Homestay di Mandalika

"Ini kesempatan kita untuk memaksimalkan persiapan, juga uji coba sirkuit. Sehingga kita benar-benar punya tingkat kesiapan yang prima," kata Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga juga kembali menegaskan rencana perluasan dan peningkatan Dana Hibah Pariwisata pada 2021.

Dana Hibah Pariwisata tahun ini rencananya tidak hanya akan menyasar industri hotel dan restoran, tapi juga diperluas untuk biro perjalanan wisata, taman rekreasi dan lainnya.

"Oleh karena itu saya berharap biro perjalanan wisata juga tour operator (TO) untuk segera mengumpulkan data melalui pemerintah daerah juga asosiasi," kata Sandiaga seraya mengatakan TA/TO harus bisa melakukan inovasi untuk menangkap pasar yang ada saat ini.

Ikuti kami di
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas