Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Industri 4.0 Diharapkan Dorong Kontribusi Ekspor Terhadap PDB Lebih dari 30 Persen

penerapan industri 4.0 diharapkan dapat mendorong kontribusi ekspor terhadap Produk Domestik Bruto

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
zoom-in Industri 4.0 Diharapkan Dorong Kontribusi Ekspor Terhadap PDB Lebih dari 30 Persen
tribunnews.com
Kementerian Perindustrian 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perencana Ahli Madya Kementerian Perindustrian Mangasi Parsaoran Siahaan menyebut adanya penerapan industri 4.0 diharapkan dapat mendorong kontribusi ekspor terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Menurut dia, peningkatan ekspor paling tidak bisa naik mencapai lebih dari 30 persen sesuai dengan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Baca juga: Kemenperin Dorong IKM Berkolaborasi Kembangkan Kendaraan Listrik

“Selama ini dengan biaya yang ada kita harapkan akan ada peningkatan biaya kembali. Biaya yang ada kita gunakan untuk meningkatkan tenaga kerja dan produktivitas. Dari hasil itu kita terapkan ke industri 4.0 dengan output dan input yang ada, kami akan menghasilkan output dua kali lipat,” tutur Mangasi dalam webinar Mandiri Manufacturing Indonesia Forum 2021, Kamis (15/4/2021).

Dia menerangkan meski industri manufaktur Indonesia mendapat titik terang setelah pandemi masih ada beberapa tantangan yang perlu dihadapi.

Baca juga: Penjualan Mobil Naik 190 Persen, Menperin: Sudah Diprediksi

"Tantangan itu seperti regulasi dan kesiapan sumber daya manusia," lanjutnya.

Kepala Ekonom Bank Mandiri Andry Asmoro menyebut untuk mencontoh Vietnam yang lebih terstruktur dalam mengolah industri manufaktur, Indonesia perlu berbenah.

BERITA TERKAIT

"Dari segi indikator infrastruktur, regulasi, dan kesiapan SDM industri kita bisa dikatakan less productive dibanding negara lainnya," ucap Andry.

"Dari situ kita lebih di bawah dari Vietnam, bagaimana kesiapan mereka dalam memanfaatkan kerjasama perdagangan selama ini. Jadi kita akan memperbaiki hal-hal tersebut,” tambahnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas