Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Erick Thohir Akan Beli Peternakan Sapi di Belgia, Ekonom: Manfaatkan Potensi Lokal Secara Maksimal

rencana Erick Thohir beli peternakan sapi Belgia dinilai tidak memanfaatkan potensi yang ada di dalam negeri secara maksimal.

Erick Thohir Akan Beli Peternakan Sapi di Belgia, Ekonom: Manfaatkan Potensi Lokal Secara Maksimal
Satgas Covid-19 Jatim
Menteri BUMN Erick Thohir 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana membeli peternakan sapi di Belgia, sebagai upaya menekan impor daging sapi nasional yang kebutuhannya sangat tinggi.

Namun, rencana Erick Thohir tersebut dinilai tidak memanfaatkan potensi yang ada di dalam negeri secara maksimal.

"Saya kira perlu dikritisi wacana yang disampaikan oleh Menteri BUMN, terutama dalam konteks ketersiapan produksi di dalam negeri," kata Ekonom Center of Reform on Economics Indonesia (Core) Yusuf Rendy Manilet saat dihubungi, Selasa (20/4/2021).

Baca juga: Menteri Erick Inginkan 20 Persen Direksi BUMN Diisi Perempuan

Menurutnya, sebaiknya pemerintah melakukan mitigasi terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab Indonesia tidak bisa memproduksi sapi potong lebih banyak.

Padahal, kata Yusuf, jika merujuk dari beberapa penelitian yang pernah dilakukan, disebutkan potensi sapi potong di Indonesia cukup besar.

Baca juga: Erick Thohir Angkat Ridwan Arbian Syah Jadi Direktur SDM Pegadaian

"Hal ini didorong ketersediaan sumber daya ternak dan peternak, lahan dengan berbagai jenis tanaman, pakan, produk sampingan industri pertanian sebagai sumber pakan, serta ketersediaan inovasi teknologi," paparnya.

Desain kebijakan

Namun, meski terdapat potensi sapi potong yang besar di Indonesia, lanjut dia, tetapi kebijakan pemerintah selama ini dalam pembangunan peternakan masih bersifat pendekatan dari atas ke bawah (top-down).

"Kebijakan seperti ini pada akhirnya menyulitkan berbagai pihak, terutama stakeholder. Jadi sebenarnya poinnya adalah, potensi ada tapi memang kembali desain kebijakan dari pemerintah yang perlu diperbaiki," tutur Yusuf.

Tidak tepat

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas