Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Wujudkan Keadilan Ekonomi Masyarakat Terpencil, Tol Laut Kini Diperkuat Ratusan Kapal

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Agus H Purnomo berharap program Tol Laut terus mendapat dukungan masyarakat.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Wujudkan Keadilan Ekonomi Masyarakat Terpencil, Tol Laut Kini Diperkuat Ratusan Kapal
Humas Ditjen Perhubungan Laut
Kapal tol laut Logistik Nusantara 2 yang dioperasikan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) bersandar di Pelabuhan Depapre, Jayapura. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejak diluncurkantahun 2015, program Tol Laut terus mengalami peningkatan dan perkembangan, baik dari segi infrastruktur, trayek, armada, jumlah muatan, maupun kapasitas.

Tol Laut bertujuan meningkatkan kelancaran distribusi dan mengurangi disparitas harga di daerah Terpencil, Tertinggal, Terluar dan Perbatasan (3TP) sekaligus mewujudkan konektivitas laut secara efektif melalui kapal yang berlayar secara rutin dan terjadwal dari Barat sampai ke Timur Indonesia.

Program ini diyakini membantu distribusi logistik, terutama ke daerah-daerah 3TP yang selama ini tidak tersentuh oleh moda angkutan darat dan udara.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Agus H Purnomo berharap program Tol Laut terus mendapat dukungan masyarakat.

Baca juga: Pacu Distribusi Logistik. Kemenhub Hadirkan Tol Laut Papua di Kabupaten Nduga

Agus meyakini dengan meningkatnya konektivitas antar daerah melalui Tol Laut, maka disparitas atau kesenjangan harga barang, terutama kebutuhan pokok di wilayah Barat dan Timur Indonesia tidak terjadi lagi.

Baca juga: Pelni Stop Sementara Operasional Angkutan Kapal Laut Selama Periode Larangan Mudik

Agus memaparkan, dalam pengoperasian Tol Laut pihaknya menyiapkan ratusan kapal. Rinciannya, 26 kapal PSO penumpang, 113 kapal Sabuk Nusantara dan 20 kapal Rede.

"Dari pelabuhan dan kapasitasnya, kami menyiapkan pelabuhan-pelabuhan agar siap disinggahi, baik untuk bongkar muat, pengamanan, dan lain-lain," kata Agus kepada wartawan di Jakarta, Senin (26/4/2021).

BERITA TERKAIT

Perlahan tapi pasti, tujuan Tol Laut untuk mengurangi disparitas harga antar wilayah, antar pulau, antar daerah serta memangkas biaya logistik yang mahal di seluruh kawasan terpencil Indonesia mulai terwujud.

Upaya Pemerintah memberikan keadilan ekonomi bagi masyarakat di daerah 3TP pun benar-benar dirasakan. Program ini antara lain dirasakan masyarakat di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Nunukan, Capt. Yohanis Tedang mengatakan, Pelabuhan Nunukan merupakan pintu masuk untuk memenuhi kebutuhan pokok dan bahan bangunan bagi masyarakat yang tinggal di wilayah perbatasan Indonesia dengan Malaysia.

Tedang menjelaskan, selama ini sebagian besar kebutuhan masyarakat di pulau-pulau yang berada di wilayah kabupaten Nunukan berasal dari Tawao, Malaysia.

"Namun adanya Tol Laut yang disiapkan oleh Pemerintah sangat membantu kebutuhan masyarakat di perbatasan khususnya di Kabupaten Nunukan yang bersebelahan langsung dengan Malaysia," kata Tedang, seperti dikutip Humas Dirjen Perhubungan Laut.

Semula, Tol Laut di Nunukan hanya memiliki satu rute saja dengan tujuan Makassar.

Namun, karena banyaknya potensi produk unggulan di daerah tersebut, tahun ini rute Tol Laut bertambah dengan tujuan Pulau Jawa melalui pintu masuk Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas