Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Wujudkan Keadilan Ekonomi Masyarakat Terpencil, Tol Laut Kini Diperkuat Ratusan Kapal

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Agus H Purnomo berharap program Tol Laut terus mendapat dukungan masyarakat.

Wujudkan Keadilan Ekonomi Masyarakat Terpencil, Tol Laut Kini Diperkuat Ratusan Kapal
Humas Ditjen Perhubungan Laut
Kapal tol laut Logistik Nusantara 2 yang dioperasikan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) bersandar di Pelabuhan Depapre, Jayapura. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejak diluncurkantahun 2015, program Tol Laut terus mengalami peningkatan dan perkembangan, baik dari segi infrastruktur, trayek, armada, jumlah muatan, maupun kapasitas.

Tol Laut bertujuan meningkatkan kelancaran distribusi dan mengurangi disparitas harga di daerah Terpencil, Tertinggal, Terluar dan Perbatasan (3TP) sekaligus mewujudkan konektivitas laut secara efektif melalui kapal yang berlayar secara rutin dan terjadwal dari Barat sampai ke Timur Indonesia.

Program ini diyakini membantu distribusi logistik, terutama ke daerah-daerah 3TP yang selama ini tidak tersentuh oleh moda angkutan darat dan udara.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Agus H Purnomo berharap program Tol Laut terus mendapat dukungan masyarakat.

Baca juga: Pacu Distribusi Logistik. Kemenhub Hadirkan Tol Laut Papua di Kabupaten Nduga

Agus meyakini dengan meningkatnya konektivitas antar daerah melalui Tol Laut, maka disparitas atau kesenjangan harga barang, terutama kebutuhan pokok di wilayah Barat dan Timur Indonesia tidak terjadi lagi.

Baca juga: Pelni Stop Sementara Operasional Angkutan Kapal Laut Selama Periode Larangan Mudik

Agus memaparkan, dalam pengoperasian Tol Laut pihaknya menyiapkan ratusan kapal. Rinciannya, 26 kapal PSO penumpang, 113 kapal Sabuk Nusantara dan 20 kapal Rede.

"Dari pelabuhan dan kapasitasnya, kami menyiapkan pelabuhan-pelabuhan agar siap disinggahi, baik untuk bongkar muat, pengamanan, dan lain-lain," kata Agus kepada wartawan di Jakarta, Senin (26/4/2021).

Perlahan tapi pasti, tujuan Tol Laut untuk mengurangi disparitas harga antar wilayah, antar pulau, antar daerah serta memangkas biaya logistik yang mahal di seluruh kawasan terpencil Indonesia mulai terwujud.

Upaya Pemerintah memberikan keadilan ekonomi bagi masyarakat di daerah 3TP pun benar-benar dirasakan. Program ini antara lain dirasakan masyarakat di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Nunukan, Capt. Yohanis Tedang mengatakan, Pelabuhan Nunukan merupakan pintu masuk untuk memenuhi kebutuhan pokok dan bahan bangunan bagi masyarakat yang tinggal di wilayah perbatasan Indonesia dengan Malaysia.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas