Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Antisipasi Travel Gelap, Terminal Mini di Lebak Bulus Tutup Total Mulai 6-17 Mei 2021

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi angkutan tidak resmi atau travel gelap yang memanfaatkan celah warga yang ingin mudik

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Antisipasi Travel Gelap, Terminal Mini di Lebak Bulus Tutup Total Mulai 6-17 Mei 2021
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Bus antarkota antar provinsi (AKAP) menunggu penumpang tujuan berbagai kota di Pulau Jawa di terminal mini yang dikelola paguyuban agen tiket bus AKAP di kawasan Pondok Pinang, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Terminal mini yang melayani keberangkatan dan kedatangan bus antar kota antar provinsi  di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, akan ditutup selama periode pelarangan mudik 6-17 Mei 2021.

Sejatinya ini bukan terminal resmi sejak bangunan fisik Terminal Lebak Bulus dibongkar dan jadi depo MRT. 

Setiap harinya, terminal mini ini hanya sebagai tempat transit atau drop off penumpang bus dari luar kota.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi angkutan tidak resmi atau travel gelap yang memanfaatkan celah warga yang ingin mudik di tengah ketiadaan angkutan resmi yang beroperasi.

“Kami akan tutup total saat 6-17 Mei 2021,” kata Kepala Satuan Pelayanan Terminal Lebak Bulus Hernanto Setiawan di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin (26/4/2021).

Hernanto mengatakan, penutupan ini dilakukan menyusul terbitnya Addendum Surat Edaran Kepala Satuan Tugas Nomor 13 Tahun 2021 tentang Larangan Mudik Hari Raya Idul Fitri dan Pengendalian Covid-19 selama Bulan Suci Ramadhan 1442H.

BERITA REKOMENDASI

Pihaknya akan memasangi portal penghalang atau traffic cone di pintu masuk dan keluar terminal yang berada di Jalan Ciputat Raya, Lebak Bulus itu. Akan ada 20 personel ditugaskan untuk berjaga selama 24 jam.

Pengelola terminal akan berkoordinasi dengan tim gabungan dari TNI dan Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan DKI, dan Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan untuk melakukan operasi lintas jaya.

Baca juga: Nekat Mudik Siap-siap Putar Balik, Travel Gelap hingga Truk Angkut Orang akan Ditilang

Operasi gabungan itu, kata dia, akan diadakan di sekitar Jalan Ciputat Raya. Pengawasan akan dilakukan secara terpadu oleh instansi terkait terutama mengantisipasi mobil travel gelap dari arah Tangerang.

Baca juga: Ada Larangan Mudik, PO Haryanto Alami Lonjakan Penumpang Sejak Sebelum Ramadhan

Kawasan Terminal Lebak Bulus kerap digunakan sebagai modus travel menggunakan plat hitam atau plat kendaraan pribadi dengan menggunakan mini bus yang biasanya beroperasi pada pukul 01.00 WIB.

"Apabila kedapatan ada angkutan gelap, kata dia, kendaraan  itu akan dikandangkan di Terminal Rawa Buaya atau Pulo Gebang dan di Terminal Pulo Gadung," tambah Hernanto.

Selain antisipasi travel gelap di Terminal Lebak Bulus, Operasi Lintas Jaya yang digelar rutin juga akan mengingatkan masyarakat untuk tertib protokol kesehatan.

Sebagai informasi, kawasan Terminal Lebak Bulus di Jalan Ciputat Raya tidak lagi berfungsi sebagai terminal induk seperti dulu. Sejak pembangunan depo MRT Jakarta yang memakan lahan Terminal Lebak Bulus, kini kawasan itu menjadi tempat pemberhentian sementara bus-bus AKAP yang mengarah ke Lintas Jawa. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas