Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pameran Gayeng untuk Bawa UMKM Jateng Tembus Pasar Singapura

Pameran Gayeng “Artisan Style of Central Java” merupakan kegiatan promosi produk UMKM dari Jawa Tengah.

Penulis: Sanusi
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Pameran Gayeng untuk Bawa UMKM Jateng Tembus Pasar Singapura
HANDOUT
Pameran Gayeng di Singapura 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Sanusi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 28 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dari Jawa Tengah berupaya masuk pasar Singapura, melalui pameran Gayeng yang digelar di Suntec City Mall Singapura dari 16 April hingga 23 Mei 2021.

Pameran Gayeng “Artisan Style of Central Java” merupakan kegiatan promosi produk UMKM dari Jawa Tengah.

Kegiatan yang untuk pertama kalinya diselenggarakan secara langsung di Singapura ini merupakan kolaborasi antara Pemerintah Jawa Tengah dan Bank Indonesia kantor perwakilan Jawa Tengah dan Singapura serta didukung oleh KBRI Singapura.

Pameran dibuka pada 28 April secara virtual oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi, dan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Singapura HE Suryo Pratomo.

Baca juga: Startup Agribisnis Ini Bantu Pemerintah Kembangkan UMKM

"Kolaborasi yang kuat di antara para pemangku kepentingan terkait di Indonesia, termasuk kementerian dan lembaga, pemerintah provinsi dan sektor swasta sangat penting untuk meningkatkan daya saing UMKM di pasar global," ujar Duta Besar RI untuk Singapura Suryo Pratomo, Kamis (29/4/2021).

Baca juga: UMKM Kopi Asal Semarang Raih Omzet Rp70 Juta Per Bulan dari Marketplace

Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi menyatakan, untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional, kita perlu mengambil peluang untuk meningkatkan porsi perdagangan UMKM dan menarik investasi internasional di industri kreatif.

BERITA TERKAIT

"Kegiatan ini diharapkan akan dapat membantu membuka akses pasar internasional bagi UMKM Indonesia, serta mengenalkan berbagai produk unggulan hasil produksi UMKM," katanya.

Pembukaan acara dihadiri secara virtual oleh Menteri Perindustrian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Menteri Koperasi dan UMKM.

Baca juga: Sarang Burung Walet Asal Indonesia Kuasai Pasar China, Ekspor 2020 Tembus Rp 5,9 Triliun

Hadir pula secara langsung di Suntec City Mall, Duta Besar Mongolia H.E. George Tumur, High Commisioner Brunei Darussalam H.E. Dato Paduka Haji Sidek bin Ali, Deputy Chief of Mission Filipina Mr. Adrian Bernie Candolada, Deputy Chief of Mission Thailand Mr. Twekiat Janprajak.

Juga, Assistant CEO of Singapore Business Federation Darius Lim, Chairman and Founder of Universal Success Enterprise Prasoon Mukherje, dan Chairman and Founder od Scanteak Lim Pok Chin.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas