Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

BRI Siapkan Kebutuhan Uang Tunai Rp 36,7 Triliun Untuk Idul Fitri

Bank Rakyat Indonesia (BRI) mempersiapkan kebutuhan kas dengan total Rp 36,7 triliun selama liburan Idul Fitri

BRI Siapkan Kebutuhan Uang Tunai Rp 36,7 Triliun Untuk Idul Fitri
WARTA KOTA/WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
Mobil keliling Bank BRI sedang melayani Relawan Covid yang sedang membuat rekening baru atau pun permasyalahan perbankan di halaman RS Darurat Covid 19 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta Pusat, Kamis(26/11/2020). Para tenaga kesehatan yang tak bisa keluar dari lingkungan Wiswa atlit ini bukan hanya pelayanan perbankan saja tapi juga layanan-layanan lainnya seperti samsat dan lainnya yang bisa memenuhi kebutuhan mereka. WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN 

Laporan Wartawan Tribunnews, Bambang Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bank Rakyat Indonesia (BRI) mempersiapkan kebutuhan kas dengan total Rp 36,7 triliun yang dialokasikan untuk mesin ATM, CRM, dan juga untuk layanan Unit Kerja Operasional (UKO).

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Arga M Nugraha mengatakan, kesiapan tersebut sebagai langkah antisipasi akan kebutuhan uang tunai di tengah masyarakat selama periode libur Hari Raya Idul Fitri 2021.

Baca juga: Siapkan Kas Rp. 36,7 Triliun, BRI Tetap Layani Masyarakat Selama Libur Lebaran

Arga melanjutkan, dibandingkan di periode yang sama di tahun sebelumnya, nilai tersebut mengalami peningkatan.

Dasar adanya peningkatan tersebut disebabkan oleh meningkatnya aktivitas ekonomi di masyarakat.

“Uang kas yang disiapkan oleh BRI tahun ini meningkat sebesar 8 persen apabila dibandingkan dengan nominal realisasi tahun lalu, hal tersebut disebabkan karena mulai meningkatnya aktivitas ekonomi masyarakat," jelas Arga dalam keterangannya, Senin (3/5/2021).

Baca juga: Gandeng Kemenparekraf, BRI Hadirkan Debit BRI Wisata Nusantara

"Jumlah ini juga telah mempertimbangkan adanya migrasi atau bergesernya pola transaksi nasabah BRI dari sebelumnya transaksi tunai menjadi transaksi digital atau non-tunai,” lanjutnya.

Arga kembali menambahkan, BRI juga menghimbau nasabah untuk dapat bertransaksi secara cashless dan melakukan berbagai macam transaksi perbankan secara digital.

Selain dapat menggunakan Internet Banking BRI, salah satu layanan digital banking BRI yang dapat digunakan adalah aplikasi BRImo.

“Dengan menggunakan BRImo, masyarakat akan lebih mudah melakukan transaksi karena dapat dilakukan dari manapun dan kapan pun. Selain itu dengan mengurangi transaksi tunai dan beralih dengan menggunakan mobile banking maka dapat mengurangi penyebaran virus," imbuh Arga.

Selain outlet konvensional, masyarakat memiliki alternatif lain untuk mendapatkan layanan keuangan BRI diantaranya melalui 16.558 mesin ATM, 5.707 mesin CRM, dan 454 ribu Agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia.

Agen BRILink memberikan layanan transaksi perbankan seperti transfer, setor dan tarik tunai, pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, dan telepon.

Melalui kemudahan akses layanan perbankan, BRILink dapat menjangkau masyarakat lebih dekat dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

Selama periode libur Hari Raya Idul Fitri 1442 H, BRI tetap berkomitmen menjaga service level yang sama untuk layanan pelanggan melalui Contact BRI.

“Kami menyediakannya melalui call center 14017 / 1500017 dan akun-akun media sosial kami, di mana agen-agen kami siap melayani nasabah 24 jam sehari,” pungkas Arga.

Ikuti kami di
Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas