Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

KKP Akan Gandeng Kemenparekraf Kembangkan Eduwisata Bahari di Akuarium Piamarii

KKP akan mengoptimalkan Pangandaran Integrated Aquarium and Marine Research Institute (Piamari) di komplek Pelabuhan Cikidang

KKP Akan Gandeng Kemenparekraf Kembangkan Eduwisata Bahari di Akuarium Piamarii
dok Kementerian Kelautan dan Perikanan
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menghadirkan edukasi wisata bahari guna menjaring wisatawan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menghadirkan edukasi wisata bahari guna menjaring wisatawan.

KKP akan mengoptimalkan Pangandaran Integrated Aquarium and Marine Research Institute (Piamari) di komplek Pelabuhan Cikidang, Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran.

Baca juga: Menteri Trenggono Ingatkan Pelaku Usaha Perikanan Disiplin Bayar Cicilan Modal Usaha

“Kita bisa buat ini juga di Indonesia bagian timur, hal-hal seperti ini harus dilakukan, akan ada kerja sama dengan Kemenparekraf, karena kita ada kepentingan disini, kepentingan keberlanjutan ekosistem laut dan kesehatan laut, dimana masa depan laut adalah masa depan kita," harap Menteri Trenggono dalam kunjungannya, Senin (3/5/2021).

Menurut Trenggono, masih ada dua hal yang belum memenuhi syarat terkait akuarium Piamari.

"Konsepnya sudah bagus, letaknya juga sudah sangat strategis namun ada dua hal atau bagian yang perlu diperbaiki, dikoreksi, terkait penataan profiling ikan-ikan yang diperlihatkan disini, agar edukasinya sampai, lalu yang kedua terkait unsur-unsur rekreasinya, perlu perbaikan, penataan lagi dan juga penambahan," lanjutnya.

Baca juga: Menteri Trenggono Sebut Probolinggo Cocok Jadi Sentra Ekonomi Perikanan di Jatim

Dia juga menyampaikan pembangunan akuarium ini tidak boleh nanggung, semua harus didesain dengan baik, dan disiapkan juga bagaimana transportasinya.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang turut hadir dalam kunjungan kerja Menteri Trenggono menyampaikan bahwa pembangunan Piamari ini adalah salah satu mimpinya saat menjabat.

Susi berpesan agar Menteri Trenggono dapat melanjutkan, membuat akuarium Piamari ini agar menjadi sentra kelautan dan perikanan.

“Saya harap bisa menjadi destinasi eduwisata bahari dan riset teknologi kelautan dan perikanan yang semakin baik,” tuturnya.

Kompleks Piamari mulai dibangun sejak tahun 2017, dimana terdapat 3 bangunan utama, yaitu Gedung Akuarium, Gedung Riset, dan Dormitory.

Konsep pembangunan akuarium merujuk pada Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI) yang memadukan antara kegiatan eduwisata mengenai kehidupan bawah laut dengan kegiatan riset di bidang teknologi kelautan.

Ikuti kami di
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas