Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Rampung Juli 2021, Bendungan Ciawi Bisa Kurangi Banjir Jakarta

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengaku optimistis untuk konstruksi Bendungan Ciawi dapat segera rampung pada Juli 2021.

Rampung Juli 2021, Bendungan Ciawi Bisa Kurangi Banjir Jakarta
Istimewa
Konstruksi Bendungan Ciawi ditargetkan selesai Juli 2021. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan dua bendungan di Kabupaten Bogor, sebagai upaya mengurangi kerentangan banjir di Provinsi DKI Jakarta.

Kedua bendungan tersebut yaitu Bendungan Sukamahi dan Ciawi di Kabupaten Bogor.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengaku optimistis untuk konstruksi Bendungan Ciawi dapat segera rampung pada Juli 2021.

"Untuk pembebasan lahan saat ini sudah selesai, sehingga konstruksinya bisa selesai dalam waktu dekat," kata Basuki, Jumat (7/5/2021).

Menurutnya, tantangan lainnya dalam pembangunan Bendungan Ciawi selain pembebasan lahan yaitu cuaca, terutama hujan yang masih sering terjadi hampir sepanjang tahun.

"Untuk mengatasinya kami selimuti lahan yang masih dikerjakan saat hujan. Saat tidak hujan baru dipadatkan lagi lapis demi lapis," tuturnya.

Setelah rampung, Basuki berpesan agar kondisi sekitar bendungan kembali dihijaukan dengan ditanami pohon, hal ini sebagai konservasi alam pada area sabuk hijau atau greenbelt.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko dalam laporannya mengatakan, pembangunan Bendungan Ciawi merupakan bagian dari rencana induk (masterplan) Pengendalian Banjir Jakarta.

Baca juga: Perbaiki Bendungan Benanain NTT karena Banjir, Kementerian PUPR Harap Produksi Pertanian Membaik

"Bendungan Ciawi dan Sukamahi sebagai bendungan kering akan mengatur mengalirnya debit air di hulu Sungai Ciliwung sebelum ke Bendung Katulampa dan terus ke Jakarta. Dari titik ini diharapkan dapat mengurangi debit banjir hingga 24 persen," tuturnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas