Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Komisi V Bakal Cecar Menhub Biarkan TKA Asal China Masuk RI di Tengah Larangan Mudik

Membiarkan WNA masuk ke Indonesia saat larangan mudik bentuk kegagalan pemerintah hadirkan rasa keadilan bagi rakyatnya sendiri

Komisi V Bakal Cecar Menhub Biarkan TKA Asal China Masuk RI di Tengah Larangan Mudik
dok.kemenhub
Menhub Budi Karya Sumadi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi V DPR akan mencecar pertanyaan kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, terkait masuknya tenaga kerja asing (TKA) asal China ke Indonesia dengan pesawat carter di tengah larangan mudik 2021.

Pertanyaan para anggota dewan tersebut akan disampaikan saat Komisi V DPR melakukan rapat kerja (raker) dengan Budi Karya pada Rabu (2/6/2021).

"Rabu, 2 Juni nanti ada raker dengan Menhub.

Pada kesempatan itu kami akan minta klarifikasi pak menteri terkait polemik WNA itu," kata anggota Komisi V DPR Irwan saat dihubungi, Senin (17/5/2021).

Irwan menilai, persoalan WNA asal China masuk ke Indonesia menggunakan pesawat carter atau reguler saat Lebaran, bukan menjadi masalah utama bagi masyarakat. 

"Rakyat tahunya bahwa WNA itu juga mestinya dilarang masuk tanah air selama rakyat sendiri dilarang mudik," ucap Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat itu. 

Baca juga: Legislator PAN Pertanyakan Jawaban Kementerian Perhubungan Terkait Kedatangan TKA China 

Membiarkan WNA masuk ke Indonesia saat larangan mudik, kata Irwan, sebagai bentuk kegagalan pemerintah hadirkan rasa keadilan bagi rakyatnya sendiri. 

"Dengan alasan apapun itu sulit diterima akal sehat rakyat, bagaimana ratusan WNA dari China terus berdatangan dengan alasan kerja dan lolos protokol kesehatan," ucap Irwan. 

"Sementara rakyat sendiri dibatasi dan dilarang mudik, tanpa bantuan pemerintah untuk kehidupan rakyat yang sedang susah selama larangan mudik," sambungnya. 

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas