Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Integrasi Jalur Transportasi Permudah Pengiriman Logistik Via Tol Laut

Budi Karya Sumadi mengungkapkan, integrasi jalur transportasi akan membuat akses dari dan ke pelabuhan menjadi lebih mudah.

Integrasi Jalur Transportasi Permudah Pengiriman Logistik Via Tol Laut
dok. Kemenhub
Armada kapal tol laut. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Integrasi jalur transportasi menuju pelabuhan dinilai dapat mendorong produktivitas pengiriman logistik angkutan tol laut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, integrasi jalur transportasi akan membuat akses dari dan ke pelabuhan menjadi lebih mudah.

"Contohnya dengan integrasi jalur transportasi dari pelabuhan menuju bandara atau jalur darat lainnya, dapat mempermudah pendistribusian logistik menggunakan tol laut," ucap Budi dalam webinar, Kamis (10/6/2021).

Menurutnya, Kementerian Perhubungan telah melakukan terobosan berupa integrasi jalur transportasi untuk mengakomodir muatan tol laut yang disambungkan dengan sisi darat menuju bandara.

"Integrasi pelabuhan dan bandara dilakukan Kementerian Perhubungan di Papua dan Papua Barat. Cara ini dilakukan agar distribusi logistik kebutuhan pokok untuk masyarakat di pegunungan bisa lebih cepat diterima," ucap Budi Karya.

Baca juga: Kemenhub Tambah Trayek Angkutan Tol Laut Tujuan Papua dan Papua Barat

Dengan begitu, lanjut Budi, pada akhirnya barang kebutuhan pokok tidak mengalami perbandingan harga yang tinggi antara di wilayah barat dan wilayah timur Indonesia.

Baca juga: Masih Banyak Kelemahan, Menkomarves Siapkan Rancangan Aturan untuk Angkutan Tol Laut

Integrasi pelabuhan dengan bandara ini juga, menurut Budi Karya, dapat mempercepat pengiriman logistik misalnya dari Surabaya menuju Papua.

"Kemudian jalur pelabuhan ini yang diintegrasikan dengan bandara, barang yang dipesan tidak terpaut jauh dengan harga yang ada di Surabaya," ucap Budi Karya.

Ikuti kami di
Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas