Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Perkuat Ekosistem Keuangan Syariah, Wapres Minta Konversi BPD ke Bank Syariah Dipercepat

Wakil Presiden minta konversi BPD yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk Bank Nagari, menjadi bank syariah, agar dipercepat.

Perkuat Ekosistem Keuangan Syariah, Wapres Minta Konversi BPD ke Bank Syariah Dipercepat
BPMI Setwapres
Wakil Presiden Ma'ruf Amin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta konversi Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk Bank Nagari, menjadi bank syariah, agar dipercepat.

“Saya kira tepat sekali. Oleh karena itu, saya harapkan bisa segera terwujud konversi ini,” tutur Ma'ruf Amin saat menerima audiensi Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, melalui konferensi video, Rabu (23/6/2021).

Lebih lanjut, Ma'ruf menyampaikan bahwa di sisi lain, syariah awareness atau kesadaran untuk bertransaksi secara syariah yang mulai tinggi di masyarakat Indonesia juga menjadi pendorong penguatan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah yang ada.

Baca juga: Masyarakat Ekonomi Syariah Minta Percepat Sertifikasi Produk Halal

Untuk itu, ia memandang saat ini merupakan momentum yang baik untuk bertumbuhnya bank syariah di Indonesia.

“Menurut saya, sekarang ini momentumnya tepat. Sebab kalau menurut survei itu sekarang komunitas hijrah ini kan sudah besar sekali, bahkan di kalangan pemuda, milenial,” sambungnya.

Terkait kekhawatiran akan keberlangsungan bank syariah yang masih ditemui di beberapa kalangan masyarakat, Wapres pun menjelaskan bahwa di dalam Al-Qur’an, Allah SWT telah menjanjikan rezeki yang luas bagi umatnya yang berhijrah.

Baca juga: Dirut BSI Sebut Prospek Perbankan Syariah Tumbuh Double Digit di 2021

Selain itu, Wapres juga menekankan mengenai falsafah yang ada di Sumatera Barat “Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah” yang berarti adat bersendi syariat dan syariat bersendi kitab Allah SWT.

Sehingga, ia menilai bahwa kekhawatiran yang ada seyogyanya dapat diperkecil.

“Karena itu saya pikir kekhawatiran itu barangkali tidak boleh. Disamping itu kita juga berjalan [proses konversi], kalau di Sumatera Barat sesuai dengan 3 tungkunya itu, sesuai falsafahnya. Milenial banyak menjadi komunitas hijrah. Apalagi kalau kita lihat Al-Qur’an, itu tidak boleh pesimis lagi,” tutur Wapres memberikan arahan.

Wapres berpesan, agar Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terus mengintensifkan koordinasi dengan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah dan Otoritas Jasa Keuangan agar proses konversi Bank Nagari menjadi bank syariah dapat berjalan dengan baik.

Halaman
12
Penulis: Reza Deni
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas