Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

PLN Resmi Kuasai 100 Persen Saham MCTN, Siap Pasok Listrik ke Blok Rokan

Akusisi tersebut ditandai dengan penandatanganan sales and purchase agreement (SPA) oleh PLN dan Chevron Standard Limited, Selasa (6/7/2021).

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
zoom-in PLN Resmi Kuasai 100 Persen Saham MCTN, Siap Pasok Listrik ke Blok Rokan
IST
Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT PLN (Persero) resmi mengakuisisi 100 persen saham PT Mandau Cipta Tenaga Nusantara (MCTN) milik Chevron Standard Limited, yang selama ini pemasok listrik Blok Rokan

Akusisi tersebut ditandai dengan penandatanganan sales and purchase agreement (SPA) atau perjanjian jual beli saham oleh PLN dan Chevron Standard Limited, Selasa (6/7/2021).




Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan, akuisisi saham MCTN merupakan pembuktian atas komitmen PLN dalam menjaga kesinambungan suplai listrik Blok Rokan, baik di saat masa peralihan ataupun jangka panjang.

"Ini merupakan titik strategis untuk memastikan keberlangsungan produksi wilayah kerja Blok Rokan," kata Zulkifli. 

Pengelolaan Blok Rokan mulai 9 Agustus 2021 akan beralih dari PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) ke PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).

Baca juga: Pasokan Listrik Aman Selama PPKM Darurat, Begini Strategi PLN

Selama ini pasokan listrik dan uap Blok Rokan berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) North Duri Cogen berkapasitas 300 Megawatt (MW) yang sebelumnya dimiliki oleh MCTN, anak usaha Chevron Standard Limited.

Baca juga: PLN Salurkan Rp 4,8 Miliar Bantu Petani di 54 Lokasi Lewat Program Electrifying Agriculture

BERITA TERKAIT

Menurutnya, pembangkit listrik tersebut akan digunakan selama tiga tahun untuk melayani kebutuhan listrik di Blok Rokan, seiring berlangsungnya masa transisi bersama dengan PLTG Migas dan Central Duri, sampai akhirnya akan disuplai dari interkoneksi sistem Sumatera. 

“Untuk jangka panjang, penyediaan listrik 400 MW di Blok Rokan yang handal dan kompetitif akan dipasok dari sistem Sumatera dan Uap 335 MBSPD dengan menggunakan New Steam Generator. Dalam waktu 3 tahun interkoneksi sistem dan New Steam Generator akan beroperasi secara penuh,” paparnya. 

Selain itu, penyediaan pasokan listrik yang andal dari sistem Sumatera ke Blok Rokan dilakukan dari tiga sumber. 

"PLN mengutamakan aspek safety, reliability, quality dan efisien dalam memenuhi kebutuhan energi industri hulu migas," paparnya. 

Wakil Menteri  BUMN, Pahala Nugraha Mansury, berharap proses transisi dalam satu bulan ini dapat berjalan beriringan dengan Wilayah kerja Rokan dari Chevron ke Pertamina dengan lancar.

"Blok Rokan sangat strategis bagi Indonesia karena memproduksi 25 persen produksi minyak nasional. Selama ini, mayoritas energi listrik disuplai oleh pembangkit milik MCTN. Sehingga kesepakatan ini sangat penting untuk memastikan suplai listrik Blok Rokan di masa mendatang," paparnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas