Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Konsistensi dalam Berprestasi

Rayakan HUT ke-65, Bank Ini Tunjukkan Pentingnya Kolaborasi untuk Survive di Masa Krisis

Bank berperan di semua aktivitas ekonomi, termasuk sektor penggerak utama Produk Domestik Bruto (PDB) suatu negara

BizzInsight
Rayakan HUT ke-65, Bank Ini Tunjukkan Pentingnya Kolaborasi untuk Survive di Masa Krisis
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM - Peran perbankan tak pernah luput dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Ini karena bank berperan di semua aktivitas ekonomi, termasuk sektor penggerak utama Produk Domestik Bruto (PDB) suatu negara.

Dalam ketentuan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan, misalnya, disebutkan bank memiliki tujuan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan, pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas nasional ke arah peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, bank seyogianya memiliki program maupun produk yang membantu menyejahterakan masyarakat dan menggerakan roda perekonomian.

Terutama, pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, peran bank sangat penting untuk membantu memulihkan ekonomi nasional dan menyejahterakan masyarakat. Salah satunya adalah melalui kolaborasi multipihak.

Salah satu bank umum swasta nasional yang senantiasa berkolaborasi dengan untuk membantu masyarakat bertahan di masa pandemi adalah Danamon.

Melansir rilisan pers di situs resmi Danamon, Danamon telah melakukan inisiatif penting di tengah pandemi sepanjang tahun 2020, mulai dari peningkatan pada infrastruktur digital, restrukturisasi kredit, peningkatan dalam layanan secara keseluruhan, serta kepedulian terhadap masyarakat dan komunitas.

Salah satu langkah konkretnya adalah kolaborasi bersama Adira Finance untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 melalui restrukturisasi kredit sesuai arahan pihak regulator.

Alhasil, pada akhir Desember 2020, tercatat sekitar 65 persen dari total nasabah restruktur memasuki fase pembayaran normal.

Di samping itu, Danamon juga berkomitmen mendukung pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 melalui beragam program kolaborasi, salah satunya lewat gerakan kampanye “Positivity Saves Lives”.

Lewat kampanye ini, Danamon mengajak masyarakat untuk membagikan video kepada kerabat untuk menyebarkan semangat positif untuk melewati masa pandemi.

Untuk setiap video yang dibagikan, Danamon mendonasikan 1 Alat Pelindung Diri (APD) kepada rumah sakit dan fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia dengan total donasi lebih dari 11 ribu APD.

Tak hanya itu, Danamon juga mendonasikan lebih dari Rp 1 miliar melalui Benih Baik untuk mendukung pemenuhan kebutuhan pokok mitra pengemudi Grab, menyediakan asuransi bagi 10.000 relawan Covid-19 melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerja sama dengan BPJamsostek, serta distribusi sembako dan APD di sejumlah wilayah di Indonesia.

Terbaru, Danamon Bersama MUFG dan Adira Finance pada 23 Juni-2 Juli lalu mengadakan sentra vaksinasi dengan menyalurkan 12.500 dosis vaksin untuk pelaku UMKM, masyarakat transportasi, pengemudi transportasi daring, masyarakat rentan, serta karyawan lini terdepan dari ketiga lembaga jasa keuangan tersebut.

Tak ketinggalan, bersama dengan mitra strategis pemerintah, Danamon juga tengah menggagas pendirian Rumah Sakit Darurat untuk membantu meringankan beban fasilitas kesehatan.

Pelayanan terbaik selama 65 tahun

Pelayanan Terbaik selama 65 Tahun Danamon

Sejak pandemi berlangsung pada tahun 2020, Danamon memang konsisten memberikan pelayanan terbaik untuk nasabah meski dihadapkan pada banyak tantangan, seperti kondisi ekonomi tidak menentu dan situasi yang krisis.

Namun, terlepas dari pandemi Covid-19, Danamon telah memberikan banyak manfaat bagi Indonesia sejak tahun 1956 dan kerap menghasilkan kontribusi di bidang perbankan dan finansial dengan program-program inovatif yang mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Dalam rangka memperingati kiprah perjalanan 65 tahun Danamon, Danamon menyelenggarakan rangkaian program bertajuk ‘Festival Kola6ora5i’ yang digelar mulai 16 Juli 2021 hingga 30 Juli 2021.

Yasushi Itagaki Direktur Utama Bank Danamon
Yasushi Itagaki Direktur Utama Bank Danamon

Acara virtual ini diawali dengan percakapan antara Direktur Utama Danamon Yasushi Itagaki dengan moderator, Marissa Anita, bertajuk A Conversation with Mr. Yasushi Itagaki, 65 Years of Dedication & Growth Through Collaborations for Indonesia.

Mengangkat tema “Tumbuh melalui Kolaborasi”, Danamon menyadari pentingnya aksi dari seluruh lapisan masyarakat untuk berkolaborasi melewati masa krisis pandemi.

“65 tahun bukanlah proses yang singkat bagi kami. Kami bersyukur atas semua pencapaian Danamon yang kini menjadi anggota dari MUFG dapat terus mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Yasushi.

Ia melanjutkan, kesuksesan Danamon selama 65 tahun tak berarti tanpa dedikasi para karyawan, mitra usaha, nasabah, dan pemangku kepentingan lainnya.

“Meski tahun 2020 dan awal tahun ini, kita dihadapkan pada banyak tantangan seperti kondisi ekonomi tidak menentu dan situasi yang sulit akibat pandemi, Danamon tetap dapat mengukir berbagai pencapaian. Kesuksesan Danamon tidak mungkin terjadi tanpa kerja keras dan dedikasi karyawan, mitra usaha, para nasabah dan seluruh pemangku kepentingan yang telah berkontribusi membawa Danamon menjadi salah satu bank terbesar dan terpercaya di Indonesia,” sambung yasushi.

Konsistensi inovasi berbuah prestasi

Sejak berdiri pada tahun 1956, Danamon kerap meluncurkan program inovasi yang menarik bagi nasabah. Misalnya, dengan meluncurkan Danamon Simpan Pinjam pada tahun 2004 seiring dengan proses akuisisi dengan Adira Finance.

Danamon juga melakukan terobosan dengan bergabung menjadi anggota MUFG Bank, Ltd (MUFG), di mana investasi MUFG di Danamon memberikan nilai tambah bagi seluruh nasabah, sehingga mendukung pertumbuhan Danamon sebagai bank terdepan di Indonesia.

Lalu pada tahun 2020, Danamon meluncurkan inovasi digital lewat Danamon Optimal untuk memberikan solusi finansial bagi nasabah pada segmen upwardly mobile dan juga pengembangan infrastruktur. Berkat inovasi tersebut, Danamon diganjar penghargaan Asia Trailblazer Award oleh Retail Banker International (RBI) dengan predikat Highly Recommended untuk kategori Best Digital Banking Initiative.

Atas konsistensi Danamon berinovasi dalam layanannya, Danamon meraih penghargaan sebagai Best Digital Bank oleh Asiamoney pada ajang Asiamoney Best Bank Award 2020, seraya ditetapkannya Danamon sebagai Bank Umum Berdasarkan Kegiatan Usaha (BUKU) 4 oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 27 Mei 2020. Pada awal 2021 atas dedikasinya memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah, Danamon meraih Peringkat 1 SLE Index Kategori Bank BUKU 4 di ajang Infobank Satisfaction, Loyalty, Engagement Awards 2021.

Maka itu, melalui ‘Festival Kola6ora5i’, Danamon ingin merayakan pencapaiannya selama 65 bersama semua pihak yang telah mendukung kiprah Danamon sebagai lembaga keuangan yang melayani masyarakat Indonesia.

Melalui festival virtual tersebut, Danamon juga ingin menyebarkan semangat kolaborasi untuk tumbuh bersama, tetap produktif dan bersikap positif untuk melewati masa krisis pandemi Covid-19.

danamon

Tak ketinggalan, masyarakat, baik nasabah maupun non-nasabah Danamon, dapat juga menemukan kisah inspiratif perjalanan Danamon, produk-produk promosi kolaborasi spesial HUT ke-65, serta 650 menit talkshow menarik hingga 30 Juli 2021. Festival ini dapat diakses secara gratis dan mudah di sini.

Sebagai bagian dari rangkaian HUT Danamon ke-65, Danamon juga merilis program untuk meningkatkan kesejahteraan sosial, misalnya melalui Aksi Danamon Peduli, yang di antaranya mendukung pergerakan ekonomi melalui program Aksi Pasar Sehat dan Tangguh, serta mengadakan Aksi Air & Sanitasi Untuk Nusantara yang berupa program fasilitas sanitasi dan sumber air bersih.

Penulis: Fitrah Habibullah/Editor: Bardjan      

Ikuti kami di
Berita Populer
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas