Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Percepat Transformasi Digital untuk Pelaku UMKM, Emtek Gandeng Grab Lewat Festival Kota Mapan

Festival Kota Mapan ini merupakan wujud kepedulian sekaligus langkah nyata dari program-program lain yang akan bekerja sama dengan Grab

Percepat Transformasi Digital untuk Pelaku UMKM, Emtek Gandeng Grab Lewat Festival Kota Mapan
Grab Indonesia
Country Managing Director of Grab Indonesia Neneng Goenadi dan Managing Director Emtek Group, Sutanto Hartono, dalam konferensi pers Peresmian Kerja Sama Strategi untuk Pemberdayaan Transformasi Digital UMKM pada Senin (26/7/2021) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan media dan teknologi Elang Mahkota Teknologi (Emtek) berkolaborasi dengan super app Grab untuk mempercepat transformasi digital Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Melalui sinergitas untuk membuat ekosistem digital, Emtek dan Grab akan mengawali kemitraan tersebut dengan menghadirkan Festival Kolaborasi Nyata untuk Masa Depan (Kota Mapan).

Diharapkan kedua perusahaan ini bisa saling bekerja sama untuk mendorong percepatan transformasi digital untuk para pelaku UMKM.

"Kami berharap dengan Festival Kota Mapan dan berbagai inisiatif lainnya baik yang dilakukan Emtek, Grab, dan lembaga pemerintah atau swasta lainnya menjadi upaya yg konkrit untuk membawa sebanyak mungkin pelaku UMKM untuk berpartisipasi ke ekonomi digital.

Selain itu, peluang ini memberikan akses ke pasar Indonesia maupun nantinya ke pasar dunia," kata Managing Director Emtek Group Sutanto Hartono dalam konferensi pers pada Senin (26/7/2021).

Baca juga: Grab Jadi Investor Emtek, Mungkinkah Ovo dan Dana Bersinergi?

Sutanto menambahkan, dihadirkannya Festival Kota Mapan ini merupakan wujud kepedulian sekaligus langkah nyata dari program-program lain yang akan bekerja sama dengan Grab.

"Program lainnya sedang disiapkan, setelah Festival Kota Mapan ini, kita akan melakukan roadshow berikutnya di kota-kota lain," katanya.

Sementara itu, Country Managing Director of Grab Indonesia Neneng Goenadi, mengatakan kolaborasi dengan Emtek merupakan bukti kuatnya komitmen Grab di Indonesia. Grab sebagai Super App selalu berkomitmen untuk menghadirkan lebih banyak lagi solusi digital di Tanah Air terlebih bagi para UMKM agar memperoleh peluang dan akses digital yang semakin besar.

"Kerja sama ini menjadi langkah yang sangat penting untuk mencapai tujuan utama kami, yaitu memperluas inklusi digital dan finansial yang menjangkau seluruh masyarakat Indonesia. Saya yakin, bersama dengan Emtek akan memberikan akses digital dan peluang yang lebih besar lagi bagi pelaku UMKM Indonesia," tutur Neneng.

Baca juga: Grab Tawarkan Sejumlah Inovasi dan Solusi untuk Penuhi Kebutuhan Harian selama PPKM Darurat

Festival Kota Mapan merupakan salah satu program akselerator untuk mendorong percepatan digitalisasi UMKM di kota-kota sampai ke kota kecil di tingkat kabupaten. Melalui program ini, Emtek dan Grab akan menghadirkan solusi serta membuka kesempatan yang lebih baik untuk UMKM agar mempercepat transformasi digital.

Festival  Kota Mapan akan dimulai pada September 2021 di Solo, Jawa Tengah. Melalui rangkaian program, keduanya berharap akan berjalan dengan baik dengan catatan kondisi pandemi Covid-19 sudah melandai.

Sebagai target awal, Emtek dan Grab menargetkan Festival Kota Mapan di Solo akan diikuti oleh lebih dari 1.000 UMKM yang bertransformasi ke platform digital.

Foto: Country Managing Director of Grab Indonesia Neneng Goenadi dan Managing Director Emtek Group, Sutanto Hartono, dalam konferensi pers Peresmian Kerja Sama Strategi untuk Pemberdayaan Transformasi Digital UMKM pada Senin (26/7/2021)/Grab Indonesia
 

Penulis: Fandi Permana
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas