Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Dorong Pengembangan EBT, Ini Inovasi BPPT Di Sektor Ketenagalistrikan

Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) BPPT meriset penerapan teknologi Smart Grid di kawasan Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan.

Dorong Pengembangan EBT, Ini Inovasi BPPT Di Sektor Ketenagalistrikan
Pertamina
Solar panel di Masjid At-Tanwir Muhammadiyah, Jakarta, salah satu contoh upaya penggunaan energi baru dan terbarukan di kawasan perkotaan. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) turut mengambil peranan dalam mendorong salah satu program pemerintah yakni pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) atau renewable energy.

Deputi Bidang Teknologi Informasi, Energi dan Material (TIEM) BPPT, Eniya Listiani Dewi mengatakan bahwa lembaga tersebut telah berperan aktif dalam pengembangan pilot plan untuk EBT bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Satu diantaranya yang telah diterapkan Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) BPPT adalah teknologi Smart Grid di kawasan Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan.

"Kita tahu bahwa kita bekerja sama dengan ESDM juga, ESDM juga banyak meminta dan menghadirkan photovoltaic di seluruh Indonesia. Kita lihat bahwa dalam sisi teknologi, kita membuktikan bahwa Smart Grid itu sudah kita terapkan di Serpong," ujar Eniya, dalam webinar bertajuk 'Pekan Inovasi Energi Baru dan Terbarukan Indonesia: Kebijakan EBTKE Di Indonesia', Rabu (28/7/2021).

Baca juga: Kebutuhan Energi Terus Meningkat, Ini Sederet Inovasi BPPT untuk Pengembangan EBT di Indonesia

Perlu diketahui, inovasi teknologi Smart Grid diperlukan untuk mendukung peningkatan integrasi energi terbarukan skala besar dalam sistem ketenagalistrikan.

Pengembangan ini diperlukan untuk mendorong upaya dalam memenuhi target 23 persen bauran EBT pada 2025.

Baca juga: Pajak Karbon Dukung Pertumbuhan Energi Terbarukan

BPPT juga menghadirkan konsep pengembangan kapasitas listrik dengan baterai.

"Kombinasi photovoltaic dengan baterai itu kita hadirkan di Sumba, di situ kita sudah bisa membuat satu konsep bahwa baterai ini bisa diperpanjang lifetime-nya dua kali lipat lebih dari yang biasanya," kata Eniya.

Baca juga: Kementerian ESDM: Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan Nasional Baru 11,2 Persen

Peningkatan daya tahan baterai ini bisa lebih maksimal jika menggunakan konsep replacement baterai. "Ini kita kerja sama dengan pihak Jepang," jelas Eniya.

Halaman
123
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas