Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Len Industri Bersama Kemenhub Bangun Pusat Kendali Kereta di Purwokerto

CTC tersebut sedang dilakukan uji coba, hingga saat ini pengujian berjalan dengan baik dan akan segera resmi beroperasi.

Len Industri Bersama Kemenhub Bangun Pusat Kendali Kereta di Purwokerto
LEN Industri
PT Len Industri (Persero) bersama Kementerian Perhubungan membangun Centralized Trafic Control (CTC) di Purwokerto, Jawa Tengah 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - PT Len Industri (Persero) bersama Kementerian Perhubungan membangun Centralized Trafic Control (CTC) di Purwokerto, Jawa Tengah.

Saat ini, CTC tersebut sedang dilakukan uji coba, hingga saat ini pengujian berjalan dengan baik dan akan segera resmi beroperasi.

Uji coba CTC atau sistem pengendalian perkeretaapian terpusat tersebut meliputi empat stasiun di Lintas Purwokerto-Randegan dan enam stasiun di Lintas Kemranjen-Karang Anyar.

Centralized Trafic Control (CTC) Purwokerto dibangun untuk menjamin keselamatan dan efisiensi pengoperasian kereta yang dilakukan PT KAI dalam mengatur perjalanan kereta yang sejak dulu setiap stasiun dikendalikan oleh satu operator.

Baca juga: Syarat Naik Kereta Api Jarak Jauh, Usia di Bawah 12 Tahun Dilarang

Kini, kendali stasiun akan dilakukan secara remote di CTC. Satu operator di CTC nantinya akan dapat mengendalikan beberapa stasiun langsung.

Direktur Strategi Bisnis and Portofolio PT Len Industri (Persero) Linus Andor Mulana Sijabat, menjelaskan pembangunan CTC didanai oleh negara melalui DJKA dan akan dijadikan prototype uji pengendalian secara remote.

Baca juga: PT KAI Daop 1 Jakarta Bentangkan Bendera Merah Putih Seraya Melepas Keberangkatan Kereta Api

"CTC yang biasanya menjadi hal lumrah untuk kereta urban seperti MRT dan LRT, kini kereta konvensional antar kota atau mainline akan dilakukan hal yang sama," tutur Linus melalui keterangan resmi, Minggu (22/8/2021).

Peresmian CTC Purwokerto direncakan dalam waktu dekat oleh PT KAI secara simbolis dengan penarikan operator (PPKA) di beberapa stasiun yang sudah dilayani CTC.

Menyusul berikutnya akan segera diresmikan CTC Daop 6 Yogyakarta yang akan meremote seluruh operasional kereta di wilayah Yogyakarta.

Halaman
12
Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas