Tribun Bisnis

PLN Diproyeksi Bisa Kehilangan Pendapatan Triliunan karena PLTS, ESDM Beri Penjelasan

Dirjen EBTKE Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana mengungkap pihaknya sudah melakukan kalkulasi soal pendapatan tersebut.

Editor: Willem Jonata
PLN Diproyeksi Bisa Kehilangan Pendapatan Triliunan karena PLTS, ESDM Beri Penjelasan
Istimewa
Bangun PLTS Atap di 63 SPBU, Pertamina Dorong Transisi Energi 

TRIBUNNEWS.COM - Program percepatan pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap  diproyeksi akan mengikis pendapatan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

PLN diperkirakan akan kehilangan potensi penerimaan hingga senilai Rp 5 triliun.

Demikian diungkapkan oleh Dirjen EBTKE Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana dalam diskusi Indonesia Forward, Kamis (26/8/2021) malam.

Dadan menuturkan pihaknya telah melakukan kalkulasi soal pendapatan tersebut.

Untuk mencapai angka 3,6 gigawatt produksi listrik dari PLTS Atap, pihaknya memperkirakan potensi pengurangan penerimaan di PLN mencapai sekitar Rp5 triliun.

“Program ini (PLTS Atap) bisa berjalan, ini memang betul akan terjadi pengurangan pendapatan di PLN. Ini tidak bisa dihindari,” katanya. "Kalau dihitung, 3, 6 gigawatt itu potensi pengurangannya PLN Rp5 triliun."

Baca juga: Belum Capai Target, Kementerian ESDM Revisi Aturan PLTS Atap

Walaupun demikian, dia menuturkan, pengurangan ini juga bisa diikuti dengan pengurangan pengeluaran lainnya di BUMN setrum tersebut.

Menurut dia, pemerintah telah berkomitmen bahwa layanan listrik kepada konsumen harus dijaga, sekaligus pula daya belinya.

Dadan memperkirakan, apabila program pengembangan PLTS sebesar 3,6 gigawatt dapat berjalan, akan terjadi pengurangan batu bara hingga 3 juta ton.

Baca juga: Pengembangan PLTS Atap Dapat Berhasil Jika Penuhi Syarat Ini

Program tersebut juga dinilai dapat menyerap tenaga kerja hingga 121.000 orang serta berpotensi meningkatkan investasi hingga Rp45 triliun – Rp 63 triliun.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas