Tribun Bisnis

Riset Schroders Sebut Bakal Lebih Banyak Investor Ketika Pembatasan Dicabut

hampir setengah dari investor (46%), saat ini akan berinvestasi lebih banyak setelah pembatasan sosial dicabut.

Editor: Sanusi
Riset Schroders Sebut Bakal Lebih Banyak Investor Ketika Pembatasan Dicabut
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam studi Investor Global Schroder 2021 ditemukan bahwa saat ini fokus investor lebih besar berada pada tabungan, investasi, dan kesejahteraan finansial, yang disebabkan oleh pandemi, dan menurutnya akan terus berjalan setelahnya.

Studi tahunan yang menyurvei lebih dari 23.000 orang di 32 lokasi global ini, menemukan bahwa hampir setengah dari investor (46%), saat ini akan berinvestasi lebih banyak setelah pembatasan sosial dicabut. Sentimen ini paling kuat di antara investor berusia 18-37 tahun.

Baca juga: 1.000 Outlet Restoran di Luar Mall Bisa Beroperasi di 4 Kota Ini Selama PPKM

Dalam studi ini juga ditemukan bahwa sebanyak 58% pensiunan secara global lebih konservatif dalam membelanjakan tabungan atau simpanan pensiunan mereka. Sementara 67% dari mereka yang belum pensiun saat ini ingin menabung lebih banyak untuk masa pensiun mereka.

“Pandemi telah mengubah perilaku investor secara global termasuk Indonesia. Kami melihat pandemi ini akan memberikan perubahan jangka panjang pada cara masyarakat mengelola keuangan dan investasinya,” ujar Presiden Direktur Schroders Indonesia Michael T Tjoajadi, Kamis (2/9).

Baca juga: RI dan UEA Jalin Kerja Sama Hadapi Tantangan Masa Depan

Schorders juga menemukan, hampir tiga perempat (74%) investor secara global dalam risetnya telah menghabiskan lebih banyak waktu untuk memikirkan kesejahteraan finansial mereka sejak pandemi terjadi.

Secara geografis, perubahan ini paling menonjol di Asia dimana investor di Thailand, India, dan Indonesia berada di urutan teratas. Investor secara global sekarang lebih cenderung untuk memeriksa investasi mereka setidaknya sebulan sekali (82%), dibandingkan dengan 77% investor pada tahun 2019.

Baca juga: Insurtech Sunday Raih Pendanaan 45 Juta USD dari Tencent dan Investor Baru

Keyakinan investasi investor juga didorong oleh investor yang mengganggap diri mereka sebagai expert atau advanced dengan ekspektasi pengembalian investasi sebesar 12,8% dibandingkan dengan 8,9% untuk mereka yang menganggap mereka adalah investor pemula.

“18 bulan terakhir telah mengajari kita bahwa masa depan tetap sulit diprediksi dan pendekatan investasi yang terukur, konsisten, dan sabar, yang berfokus pada tujuan jangka panjang dan kemungkinan hasil, kemungkinan akan membuat investor lebih baik.” Jelas Stuart Podmore, a behavioural investment insights specialist at Schroders.

artikel ini sudah tayang di KONTAN, dengan judul: Riset Schroders menemukan, akan lebih banyak investor ketika pembatasan dicabut

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas