Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Cari Solusi Hambatan Distribusi Logistik, Kemenhub Bentuk Indonesia Shipping Enterprises Alliance

Selain itu Ia juga mengungkapkan, bahwa hambatan distribusi logistik untuk kegiatan ekspor khususnya yang terjadi semenjak pandemi Covid-19

Cari Solusi Hambatan Distribusi Logistik, Kemenhub Bentuk Indonesia Shipping Enterprises Alliance
Richard Susilo
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menilai, untuk memastikan pelayanan distribusi ekspor barang tidak terhambat diperlukan langkah konkret dan sinergi antara pemerintah serta stakeholder.

Menurutnya, saat ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah memformulasikan upaya yang dapat menjadi solusi mengatasi hambatan distribusi logistik untuk kegiatan ekspor.

"Salah satu upaya dari Kemenhub, yaitu melalui pembentukan program Indonesia Shipping Enterprises Alliance atau Indonesia SEA untuk menjadi solusi hambatan distribusi logistik," ucap Budi Karya, Senin (27/9/2021).

Baca juga: Industri Logistik Terus Tumbuh Selama Pandemi, Alasan Mitsubishi Fuso Tambah Dealer di Balaraja

Budi Karya menyebutkan, melalui program ini salah satu upaya dalam pemberdayaan pelayaran nasional dengan membentuk sebuah aliansi untuk mengangkut kargo untuk pangsa pasar luar negeri atau ekspor.

Selain itu Ia juga mengungkapkan, bahwa hambatan distribusi logistik untuk kegiatan ekspor khususnya yang terjadi semenjak pandemi Covid-19, disebabkan karena beberapa hal.

"Hambatan tersebut yaitu karena, terjadinya kelangkaan kontainer, melambungnya ocean freight, serta tidak tersedianya ruang muat di atas kapal," ucap Budi Karya.

Kemudian pembentukan Indonesia SEA ini sendiri, ungkap Budi Karya, selaras dengan Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional.

Baca juga: Biaya Logistik di Indonesia Mahal Jika Dibandingkan Negara Asean, Ini Kata Erick Thohir

"Hal ini bertujuan meningkatkan kinerja logistik nasional, memperbaiki iklim investasi, dan meningkatkan daya saing perekonomian nasional," kata Budi.

Diharapkan dengan upaya sinergi ini, dapat menjamin ketersediaan pasokan produk Indonesia di luar negeri dan dapat melancarkan kembali ekspor impor sehingga kegiatan perekonomian.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas