Tribun Bisnis

KKP: Ruang Laut Mesti Sehat dan Menjadi Tanggung Jawab Bersama

Aktivitas di sektor kelautan dan perikanan terus mengalami peningkatan, dan berdampak pada kesehatan laut

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Muhammad Zulfikar
KKP: Ruang Laut Mesti Sehat dan Menjadi Tanggung Jawab Bersama
Ilustrasi nelayan
Ilustrasi nelayan. Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Suharyanto menegaskan, pihaknya terus berupaya menjaga kesehatan laut Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aktivitas di sektor kelautan dan perikanan terus mengalami peningkatan, dan berdampak pada kesehatan laut.

Padahal, laut adalah sumber kehidupan sekaligus penopang ekonomi bangsa.

Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Suharyanto menegaskan, pihaknya terus berupaya menjaga kesehatan laut Indonesia.

“Ruang laut ini mesti sehat. Saya kira suatu hal yang wajib kita lakukan berdasarkan ketentuan perundang-undangan,” jelas Direktur Perencanaan Ruang Laut KKP Suharyanto dalam acara Bincang Bahari secara virtual, Selasa (12/10/2021).

Dirinya melanjutkan, sejumlah aturan telah diterapkan untuk menjaga kelangsungan kesehatan laut Indonesia.

Mulai dari Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2O21 tentang penyelenggaraan penataan ruang, Peraturan Pemerintah No 27 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan bidang kelautan dan perikanan, hingga aturan turunan yang merupakan amanat UU Nomor 11 Tahun 2020 alias UU Cipta Kerja.

Suharyanto mengatakan, kesehatan laut menjadi tanggung-jawab bersama, sebab yang beraktivitas di laut tidak hanya pelaku utama sektor kelautan dan perikanan, seperti nelayan, pembudidaya, maupun petambak garam.

Laut juga dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi lain seperti jalur transportasi, pemasangan kabel dan pipa bawah laut untuk jaringan telekomunikasi dan internet, pengeboran minyak, edukasi, hingga kegiatan-kegiatan kebudayaan.

Pemerintah, menyadari pentingnya kesehatan laut untuk generasi mendatang. Sehingga kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan kesehatan laut digulirkan.

Baca juga: Sukses dalam Fase Pendederan Awal, KKP Sosialisasikan Budidaya Lobster Ke Pembudidaya

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas