Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Sandiaga Tetapkan Lokasi Didi Kempot Ciptakan Lagu Banyu Langit Jadi Desa Wisata Mandiri

Mulai dari beragam produk lokal seperti batik, gerabah hingga aneka kuliner khas di antaranya olahan belalang.

Sandiaga Tetapkan Lokasi Didi Kempot Ciptakan Lagu Banyu Langit Jadi Desa Wisata Mandiri
Tangkapan layar Youtube IESPL_ID
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menobatkan Desa Nglanggeran, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sebagai satu dari tujuh Desa Wisata Mandiri Inspiratif dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Usut punya usut, desa Nglanggeran rupanya telah menginspirasi Didi Kempot dalam menciptakan lagu berjudul Banyu Langit. Lagu yang dipopulerkan Godfather of Broken Heart itu menggambarkan kerinduan hati mendalam seorang pecinta terhadap kekasihnya.

Tak hanya keindahan alam seperti yang digambarkan Didi Kempot dalam bait lagunya, desa wisata yang berada di sebelah timur Kota DIY, tepatnya di kaki Gunung Api Purba itu menyimban beragam kearifan lokal.

Baca juga: Mulai 1 November, Thailand Buka Pintu Wisata Tanpa Karantina bagi Para Pelancong di 10 Negara

Mulai dari beragam produk lokal seperti batik, gerabah hingga aneka kuliner khas di antaranya olahan belalang.

"Kita di lokasi yang menginspirasi Mas Didi Kempot menciptakan lagu Banyu Langit, dengan mengucap Bismilla, Desa Wisata Nglanggeran, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta menjadi Desa Wisata Mandiri Inspiratif-Desa Wisata Indonesia Bangkit," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangannya, Rabu (13/10/2021).

Desa Nglanggeran tersebut diungkapkan Sandiaga Uno mewakili enam Desa Wisata Mandiri Inspiratif lainnya, yakniDesa Wisata Penglipuran di Kabupaten Bangli dan Desa Wisata Pemuteran di Kabupaten Buleleng, Bali.

Selanjutnya, Desa Wisata Pujon Kidul di Kabupaten Malang, Jawa Timur serta Desa Wisata Candirejo di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Baca juga: Bamsoet Minta Pemda Bali Lakukan Persiapan dan Simulasi Terukur untuk Sambut Wisatawan Asing

Kemudian Desa Wisata Cibuntu di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dan Desa Wisata Pentingsari di Sleman, DIY.

Atas pencapaian terebut, dirinya secara langsung memberikan selamat sekaligus menandatangani prasasti dan menyerahkan piagam penghargaan kepada Bupati Gunung Kidul, Sunaryanta serta pengelola Desa Wisata Nglanggeran.

"Selamat Desa Wisata Nglanggeran menjadi Desa Wisata Mandiri Inspiratif-Desa Wisata Indonesia Bangkit.Sukses untuk menjadi wakil Indonesia di UNWTO Tourism Village Awards," jelasnya seraya menyerahkan plakat kepada pengelola Desa Wisata Nglanggeran.

Baca juga: 7 Destinasi Wisata Pantai Eksotis di Pulau Jawa, Cocok untuk Liburan Bersama Keluarga

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas