Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Pelaku Industri Pariwisata Kecewa, Pembukaan Kembali Bali Tak Diimbangi dengan Slot Penerbangan

Pembukaan kembali Bali ini dari kunjungan wisatawan internasional tidak diimbangi dengan jumlah penerbangan internasional ke Bali yang memadai.

Pelaku Industri Pariwisata Kecewa, Pembukaan Kembali Bali Tak Diimbangi dengan Slot Penerbangan
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Penumpang dengan memakai masker tiba di Terminal Kedatangan Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu (26/1/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, DENPASAR - Terhitung mulai hari ini, Kamis 14 Oktober 2021, Bali dibuka kembali untuk turis asing setelah 18 bulan ditutup karena pandemi Covid-19.

Namun, pembukaan kembali Bali ini dari kunjungan wisatawan internasional tidak diimbangi dengan jumlah penerbangan internasional ke Bali yang memadai.

Bali yang bergantung pada pariwisata dijadwalkan untuk dibuka kembali pada hari Kamis dan meskipun bandara internasional Ngurah Rai telah melakukan simulasi mempersiapkan para wisatawan untuk kembali.

"Sejauh ini belum ada jadwal," kata Taufan Yudhistira, juru bicara bandara.

Langkah-langkah imigrasi yang ketat di Indonesia selama pandemi telah menghancurkan pulau itu, dengan penutupan hotel, toko, dan bisnis yang meluas.

Pemerintah ingin menghidupkan kembali industri pariwisata Bali yang terkepung dalam menanggapi penurunan tajam dalam kasus virus corona baru sejak Juli, ketika Indonesia menjadi episentrum Covid-19 di Asia.

Baca juga: Mulai Hari Ini Turis Asing Boleh Masuk Bali, Berikut Rincian Ketentuannya Setiba di Bandara

Tetapi rincian tentang pembukaan kembali, seperti persyaratan visa dan negara mana mereka mengajukan permohonan, sejauh ini tidak merata.

Indonesia hanya mengkonfirmasi 19 negara yang memenuhi syarat dalam sebuah pernyataan pada Rabu malam, yang meliputi China, India, Jepang, Korea Selatan dan Selandia Baru, dan beberapa negara dari Eropa Barat dan Teluk Arab.

Baca juga: AirAsia Kembali Layani Penerbangan Berjadwal Rute Jakarta-Denpasar Mulai 14 Oktober

Langkah ini mengikuti pembukaan kembali Thailand yang dimulai pada bulan Juli dengan banyak kemeriahan, dengan pulau Samui dan Phuket menyambut wisatawan yang divaksinasi dari berbagai negara, dengan ratusan pada hari pembukaan.

Baca juga: Pemerintah Akan Buka Penerbangan Internasional ke Bali, AirNav Siapkan Aspek Operasional Bandara

Vietnam berencana untuk menyambut orang asing ke pulau Phu Quoc bulan depan.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas