Tribun Bisnis

Usaha Kreatif Bidang Kuliner hingga Fesyen Dinilai Berdampak Besar Terhadap Roda Ekonomi Nasional

Sandiaga Uno menjelaskan, tiga kategori usaha ekonomi kreatif tersebut sangat besar dampaknya terhadap pembukaan lapangan kerja di Indonesia.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Muhammad Zulfikar
Usaha Kreatif Bidang Kuliner hingga Fesyen Dinilai Berdampak Besar Terhadap Roda Ekonomi Nasional
Tangkapan layar Youtube IESPL_ID
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Usaha Kreatif Bidang Kuliner hingga Fesyen Dinilai Berdampak Besar Terhadap Roda Ekonomi Nasional 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Para pelaku usaha ekonomi kreatif dalam bidang kuliner, kerajinan dan juga fesyen disebut sebagai ujung tombak dalam meningkatkan pergerakan ekonomi nasional.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjelaskan, tiga kategori usaha ekonomi kreatif tersebut sangat besar dampaknya terhadap pembukaan lapangan kerja di Indonesia.

"Selain itu, usaha ekonomi kreatif tersebut bisa dikolaborasikan dengan pengembangan pariwisata dalam mengembangkankan usaha mereka," ucap Sandiaga Uno, Senin (18/10/2021).

Kolaborasi antara pelaku usaha kreatif dan destinasi wisata ini, lanjut Sandiaga Uno, dapat menghadirkan konsep pariwisata ekonomi kreatif.

"Yang dimana destinasi wisata tersebut juga menjadi wadah untuk para pelaku ekonomi kreatif dalam mengembangkan berbagai produknya," ujar Sandiaga Uno.

Ia juga menambahkan, maka dari itu kolaborasi sangatlah penting untuk para pelaku ekonomi kreatif dapat terus berkembang dengan dukungan baik itu stimulus atau fasilitas untuk mereka.

Baca juga: Sandiaga Uno: Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif Penopang Ekonomi Nasional

"Para pelaku ekonomi kreatif ini, menjadi penyumbang lapangan kerja sebesar 70 persen dari total 97 persen di Indonesia," kata Sandiaga Uno.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), lanjut Sandiaga Uno, tentunya akan terus menghadirkan inovasi, adaptasi dan kolaborasi untuk pengembangan para pelaku ekonomi kreatif atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

"Dengan begitu, para pengusaha ini dapat terus memperkenalkan produknya bahkan hingga ke luar negeri dengan adanya kolaborasi baik dari pemerintah atau swasta," ujar Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno
Sandiaga Uno (Istimewa)
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas