Tribun Bisnis

DP 0 Persen Diperpanjang, Berikut Faktor Penting Berinvestasi Properti di Masa Kini

Meski ekonomi Indonesia belum sepenuhnya pulih akibat pandemi, tapi pertumbuhan secara makro mengarah ke perbaikan

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Hendra Gunawan
DP 0 Persen Diperpanjang, Berikut Faktor Penting Berinvestasi Properti di Masa Kini
Tribunnews.com
Ilustrasi perumahan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Meski ekonomi Indonesia belum sepenuhnya pulih akibat pandemi, tapi pertumbuhan secara makro mengarah ke perbaikan, sehingga memberikan angin segar untuk berinvestasi di sektor properti.

Presiden Direktur Era Indonesia Darmadi Darmawangsa mengatakan, dalam situasi sekarang, investasi properti jadi satu di antara pilihan investasi terbaik dengan mempertimbangkan beberapa faktor penting.

"Pemerintah memberikan kelonggaran signifikan untuk sektor properti. Insentif itu tidak pernah terjadi selama ini yakni pertama adalah DP 0 persen untuk pembelian properti," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (21/10/2021).

Baca juga: Para Pelaku Bisnis Sambut Perpanjangan DP 0 Persen, Ini Pernyataan Mereka

Kemudian, dia menjelaskan, faktor kedua adalah pemerintah memberikan insentif relaksasi Pajak Pertambahan Nilai atau PPN sektor properti.

"Sepertinya tidak ada negara berikan kelonggaran seperti ini. Jadi, ini adalah kesempatan,” kata Darmadi.

Menurut dia, arah dan strategi pemulihan ekonomi yang tepat oleh pemerintah akan menstimulus sektor properti dan meningkatkan daya beli masyarakat.

Apalagi, sejarah mengatakan baru kali ini pemerintah memberikan insentif DP nol persen dan pajak dalam durasi waktu yang lama.

Baca juga: Pembiayaan KPR Diprediksi Meningkat Setelah BI Perpanjang DP Nol Persen

Karena itu, di masa krisis ini justru menjadi waktu tepat untuk membeli properti karena harga sedang terkoreksi dimana-mana, sehingga pengembang juga memberikan insentif.

“Kapan waktu terbaik beli properti? Pertama, 10 sampai 20 tahun lalu. Kedua, pada saat krisis adalah waktu baik karena harga sedang terkoreksi, developer memberikan insentif, suku bunga KPR lagi rendah, dan bunga deposito lagi turun," ujar Darmadi.

Baca juga: Melonjak 45 Persen, Marketing Sales Ciputra Development Tembus Rp 5 Triliun

Kendati demikian, yang perlu dilihat pertama kali saat membeli properti, selain kredibilitas pengembang yakni aksesibilitas karena akan mendukung produktivitas dan mobilitas individu.

“Lokasi itu penting dan tidak kalah penting adalah aksesibilitas. Satu di antara pengembang konsisten menghadirkan produk mengutamakan aksesibilitas yakni Agung Podomoro Land melalui Podomoro Golf View di Cimanggis, Depok, Jawa Barat yang mudah diakses dan dijangkau," pungkasnya.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas