Tribun Bisnis

Gandeng Hipmi, Pemerintah Jakarta Pusat Dorong Geliat UMKM saat Pandemi

Untuk membangkitkan ekonomi beberapa hal akan direvitalisasi. Salah satunya sarana dan prasarana Pasar Poncol

Editor: Sanusi
Gandeng Hipmi, Pemerintah Jakarta Pusat Dorong Geliat UMKM saat Pandemi
ist
Wakil Walikota Jakarta Pusat Irwandi mengunjungi Pasar Poncol dan area UKM Monumen Nasional (Monas) untuk melihat geliat pertumbuhan ekonomi yang sebelumnya terpuruk akibat pandemi Covid-19. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Walikota Jakarta Pusat Irwandi mengunjungi Pasar Poncol dan area UKM Monumen Nasional (Monas) untuk melihat geliat pertumbuhan ekonomi yang sebelumnya terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Aktivitas perekonomian tradisional dianggap mampu merefleksikan pertumbuhan ekonomi masyarakat di suatu kota. Di Jakarta sendiri pemulihan ekonomi terus diupayakan.

Di Triwulan III tahun 2021 pertumbuhan ekonomi Indonesia memberikan sinyal positif, akibat dari dukungan sektor esensial, kritikal, dan industri yang berorientasi digital. Percepatan vaksin pun memiliki andil dalam pemulihan kondisi ekonomi tersebut.

Baca juga: Realisasi Pemulihan Ekonomi Capai Rp 483,91 Triliun, Menko Perekonomian Beberkan Penggunaannya

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) per November 2021 secara yoy perekonomian tumbuh 3,51% dari sisi permintaan. Selain itu pertumbuhan ini juga didorong oleh peningkatan konsumsi domestik pada pengeluaran konsumsi rumah tangga (PKRT) dan pengeluaran konsumsi pemerintah (PKP).

Wakil Walikota Jakarta Pusat Irwandi menyaksikan langsung aktifitas pasar tradisional yang kembali bergairah ketika berkunjung ke Pasar Poncol dan pedagang kaki lima di area UKM Monas, Senin (15/11). Ada beberapa perhatiannya dalam membangkitkan pertumbuhan perekonomian di Jakarta.

“Untuk membangkitkan ekonomi beberapa hal akan direvitalisasi. Salah satunya sarana dan prasarana Pasar Poncol,” kata dia dalam keterangannya, Senin (15/11).

Baca juga: Bisa Custom Sesuai Kebutuhan, Hyundai Berikan Layanan My Own Creta

Hal ini diapresiasi oleh calon Ketua Umum HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Jakarta Pusat, Rizky Adhitya Ramadhan atau yang biasa disapa Eki Adhitya, yang turut mendampingi kunjungan Wakil Walikota Jakarta Pusat ke Pasar Poncol dan area UKM Monas.

Rizky yang juga berprofesi sebagai pengacara ini menyatakan bahwa pihaknya akan membantu menghidupkan ekonomi khususnya melalui UMKM sebagai bagian kolaborasi dari HIPMI Jakarta Pusat dalam menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah Jakarta Pusat.

Baca juga: Tangki Kilang Cilacap Terbakar, Ini Permintaan Kementerian BUMN, Komisaris Pertamina hingga DPR

Selain memantau kondisi sarana dan prasarana, kunjungan Wakil Walikota Jakarta Pusat, beserta rombongan melihat pula kondisi perkembangan UMKM di Jakarta, khususnya Jakarta Pusat.

Wakil Walikota Jakarta Pusat pun menyampaikan harapannya agar HIPMI Jakarta Pusat melalui Eki Adhitya dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah Jakarta Pusat untuk menumbuhkan perekonomian melalui UMKM dengan pesat.

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul "Pemerintah Jakarta Pusat gandeng Hipmi dorong geliat UMKM di tengah pandemi"

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas