Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Bertahan di Tengah Pandemi, Pelaku Pariwisata Harus Inovasi Hingga Kolaborasi

Septriana Tangkary menyebut kunci utama bertahan di tengah pandemi bagi pelaku pariwisata maupun ekonomi kreatif yaitu adaptasi, inovasi, kolaborasi

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Bertahan di Tengah Pandemi, Pelaku Pariwisata Harus Inovasi Hingga Kolaborasi
Netfalls Remy Musser/Shutterstock via bali-indonesia.com
Kuta, Bali. Bertahan di Tengah Pandemi, Pelaku Pariwisata Harus Inovasi Hingga Kolaborasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Kominfo, Septriana Tangkary menyebut kunci utama bertahan di tengah pandemi bagi pelaku pariwisata maupun ekonomi kreatif yaitu adaptasi, inovasi, serta kolaborasi.

"Ketiga kemampuan itu sebenarnya sudah mulai diterapkan di Indonesia," kata Septriana saat webinar Mendorong Inklusi Keuangan Masyarakat Lewat Pemanfaatan Potensi Pariwisata, yang ditulis Rabu (17/11/2021).

Pada acara yang sama, Chairman Fintech Center UNS Irwan Trinugroho menyampaikan, inklusi keuangan yang diterapkan dapat menumbuhkan potensi pariwisata.

Dari sisi supply, kata Irwan, pelaku usaha sektor pariwisata butuh pendanaan dan untuk mendapatkan pendanaan mereka harus terinklusi ke sektor jasa keuangan.

Kemudian sisi demand, inklusi keuangan dapat menyediakan infrastruktur teknologi pembayaran digital yang akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi wisatawan untuk berbelanja.

Baca juga: Dinas Pariwisata dan Ekonomi DKI Akan Uji Coba Gelar Konser Musik Minggu Ini, Ini Pesan Wagub Ariza

Irwan pun memberikan saran ke pemerintah dalam mendorong inklusi keuangan di sektor pariwisata, salah satunya yaitu perlunya penurunan biaya transaksi pembayaran digital bagi UMKM, serta memperluas akses pendanaan yang berbiaya murah.

“Disini perlu intervensi pemerintah, karena kalau tidak mereka akan terjebak kepada pinjaman yang berbiaya mahal dan pada akhirnya tidak bisa menjadi leverage bagi usaha mereka," papar Irwan.

BERITA TERKAIT

Eko Slamet Riyanto, Koordinator Informasi dan Komunikasi Perekonomian I, Kemenkominfo mengatakan bawa pemerintah melihat potensi inklusi keuangan di masyarakat kita harus sangat didorong terutama terkait dengan peningkatan potensi pariwisata, maka itu dibuatlah kegiatan hari ini. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas