Tribun Bisnis

Dukung Penurunan Bunga Kredit, BNI Targetkan Penyaluran Kredit Melonjak 9 Persen

Penurunan suku bunga kredit menjadi salah satu strategi PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) untuk meningkatkan kreditnya.

Editor: Hendra Gunawan
Dukung Penurunan Bunga Kredit, BNI Targetkan Penyaluran Kredit Melonjak 9 Persen
Tribunnews/Seno
Direktur Utama BNI Royke Tumilaar 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Penurunan suku bunga kredit menjadi salah satu strategi PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) untuk meningkatkan kreditnya.

Bank BUMN ini menargetkan penyaluran kreditnya bakal tumbuh 9 persen tahun depan dengan dukungan bunga kredit rendah.

Meski demikian, BNI mengharapkan adanya insentif kebijakan dari Bank Indonesia (BI) agar ekspansi kredit bisa dilakukan dengan bunga rendah.

Pasalnya, ada tantangan yang mesti diwaspadai yakni potensi kenaikan suku bunga The Fed pada pertengahan tahun depan.

Baca juga: Rayakan Kemenangan Merebut Piala Thomas 2020, BNI Apresiasi PBSI

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan, kenaikan bunga The Fed tentu akan diikuti oleh kebijakan suku bunga acuan BNI sehingga biaya dana perbankan bakal mengalami kenaikan.

Oleh karena itu, dia melihat diperlukan relaksasi dari BI agar bisa mendukung pertumbuhan kredit dengan suku bunga yang rendah.

Baca juga: BNI Raih Penghargaan Gold Sustainability Report

"Kami harapkan kebijakan relaksasi terkait Giro Wajib Minimum (GMW) dan rasio intermediasi makroprudensial (RIM) dapat diperpanjang agar bisa menekan cost of fun ," kata Royke dalam webinar, Senin (22/11).

Selain itu, dia menilai perlu juga regulasi untuk menjaga level kompetisi yang sehat menjaring likuiditas. Pasalnya, BNI melihat saat ini mulai marak bank melakukan pemasaran produk tabungan dengan tingkat suku bunga yang relatif tinggi.

Sebelumnya, BI telah melonggarkan GWM rupiah 50 bps menjadi 5% pada Maret 2020 dan berlaku sampai 31 Juni 2021. Sedangkan pelonggaran aturan RIM berlaku sejak Mei 2020 hingga Desember 2021.

Insentif itu diperlukan karena BNI sebagai perusahaan publik di sisi lain juga memiliki target laba yang harus dikejar. Sehingga penurunan bunga juga harus dipastikan tidak mengganggu kinerja yang dicanangkan perseroan.

Baca juga: BNI Luncurkan Kartu Kredit Baru Bagi, Hasil Kolaborasi dengan APLGI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas