Tribun Bisnis

UU Cipta Kerja

UU Cipta Kerja Inkonstitusional Bersyarat, Dinilai Bakal Berdampak pada Serapan Tenaga Kerja

Bhima menyarankan pemerintah untuk segera merombak total sebagian isi UU Cipta Kerja, khususnya pasal berkaitan dengan ketenagakerjaan

Penulis: Yanuar Riezqi Yovanda
Editor: Muhammad Zulfikar
UU Cipta Kerja Inkonstitusional Bersyarat, Dinilai Bakal Berdampak pada Serapan Tenaga Kerja
Danang Triatmojo
Ribuan buruh yang tergabung dalam aliansi KSPI, KSPSI, SPSI menggelar aksi unjuk rasa menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja, di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (25/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutuskan Undang-undang Cipta Kerja (Ciptaker) inkonstitutional bersyarat karena sebagian bertentangan dengan UUD 1945.

Menanggapi hal itu, Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira mengatakan, akibatnya yakni pengusaha pasti berhitung ulang terhadap seluruh rencana ekspansi di 2022 mendatang.

Khususnya lagi adalah pelaku usaha di sektor padat karya, sehingga keputusan MK tersebut bisa bikin cari pekerjaan makin susah.

"Ketidapastian yang tinggi juga berdampak terhadap serapan tenaga kerja ke depannya," ujarnya melalui pesan singkat kepada Tribunnews, Jumat (26/11/2021).

Baca juga: Jaga Iklim Investasi, Pengusaha Harap Revisi UU Cipta Kerja Bisa Cepat Selesai

Karena itu, Bhima menyarankan pemerintah untuk segera merombak total sebagian isi UU Cipta Kerja, khususnya pasal berkaitan dengan ketenagakerjaan dan dampak perizinan ke lingkungan hidup.

Di sisi lain, beberapa pelaku usaha sebelumnya ragu untuk ekspansi karena menunggu kepastian aturan turunan UU Cipta Kerja, misalnya soal standar pengupahan hingga aturan terkait izin berbasis risiko.

"Jika payung hukumnya saja harus direvisi, maka aturan turunan juga perlu dirubah. Termasuk, soal penangguhan aturan turunan yang baru," pungkas Bhima.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas