Tribun Bisnis

Kemenparekraf Terima Evaluasi dari Pembalap World Superbike untuk Gelaran MotoGP

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) banyak terima masukan dari para pembalap World Superbike.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Sanusi
Kemenparekraf Terima Evaluasi dari Pembalap World Superbike untuk Gelaran MotoGP
Dok. WSBK
Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat diguyur hujan lebat jelang race pertama ajang balap World Superbike (WSBK), Sabtu (20/11/2021) sore. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) banyak terima masukan dari para pembalap World Superbike.

Masukan itu, sebagai bentuk persiapan jelang MotoGP Mandalika pada Februari dan Maret 2022,

Menparekraf Sandiaga Uno menegaskan penyelenggaraan World Superbike, harus diiringi perbaikan dalam peningkatan mutu untuk mempersiapkan Moto GP 2022.

Baca juga: Ada Event WSBK 2021, Pergerakan Penumpang di Bandara Lombok Meningkat 50 Persen

"Saat ini, tim Kemenparekraf sedang mengevaluasi gelaran WSBK Mandalika bersama tim lainnya," ucap Sandiaga saat Weekly Press Briefing, Senin (29/11/2021).

Bersama-sama dengan ITDC dan MGPA, ucap Sandiaga, Kemenparekraf akan mencatat, mengidentifikasi, dan apa saja yang menjadi temuan-temuan.

Termasuk masukan dari para pembalap World Superbike di Mandalika. Mereka memberi masukam mengenai penginapan hingga sirkuit.

"Kita tentunya banyak masukan dari para penonton maupun dari racer sendiri juga dari tim, mulai dari hotel sampai sirkuit dan pelibatan ekonomi kreatif lokal," tutur Sandiaga.

Baca juga: Hanya di Indonesia, Sirkuit Mandalika Punya Beragam Cerita Gelar WSBK 2021

Sandiaga memaparkan selama perhelatan World Superbike, jumlah penumpang yang tiba dan berangkat dari bandara selama pekan penyelenggaraan World Superbike, 17-23 November 2021, tercatat rata-rata 5.700 orang per hari.

"Angka ini meningkat 50 persen dibandingkan pergerakan penumpang pada hari-hari sebelumnya sepanjang November 2021 dengan rata-rata 3.800 penumpang per hari," tuturnya.

Lalu lintas pesawat di Bandara Internasional Lombok juga bertambah sebesar 43 persen pada periode yang sama. Sepanjang 1-16 November 2021, rata-rata ada 37 pergerakan pesawat per hari. Sedangkan pada 17-23 November 2021, rata-rata mencapai 53 pergerakan pesawat per
hari.

"World Superbike sudah dilaksanakan pada weekend yang lalu dan kami mengapresiasi panitia penyelenggara, pemerintah daerah, kapolda NTB dan seluruh pihak yang terlibat, baik dari penyiapan venue, penyelenggaraan acara, maupun para volunteer yang mendukung," ucapnya.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas