Tribun Bisnis

Gubernur Bank Indonesia Beberkan Sejumlah Risiko yang Membayangi Sektor Perekonomian di 2022

Bank Indonesia (BI) menangkap risiko-risiko yang membayangi pada tahun 2022, baik datang dari dalam negeri maupun kondisi global.

Editor: Muhammad Zulfikar
Gubernur Bank Indonesia Beberkan Sejumlah Risiko yang Membayangi Sektor Perekonomian di 2022
ist
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Gubernur Bank Indonesia Beberkan Sejumlah Risiko yang Membayangi Sektor Perekonomian di 2022 

TRIBUNNEWSCOM, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menangkap risiko-risiko yang membayangi pada tahun 2022, baik datang dari dalam negeri maupun kondisi global.

“Kami melihat adanya permasalahan-permasalahan yang harus diantisipasi karena ada perubahan lanskap dalam kebijakan tapering dan juga ketidakpastian global,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo, Senin (29/11/2021).

Perry kemudian memerinci risiko tersebut. Pertama, adanya tekanan dan kemungkinan peningkatan inflasi dalam negeri, khususnya di paruh kedua tahun depan.

Hal ini kemungkinan terjadi bila harga energi terus melambung ke depannya, plus adanya kenaikan permintaan masyarakat secara menyeluruh yang lebih cepat dari perkiraan semula seiring dengan perbaikan ekonomi.

Kedua, risiko terhadap pergerakan nilai tukar rupiah karena adanya risiko tapering off dari bank sentral dunia khususnya bank sentral Amerika Serikat Federal Reserve (The Fed).

Baca juga: Puluhan Brand Lokal Indonesia Unjuk Gigi di Event OIC Halal Expo 2021 Turki

Meski begitu, BI mengaku akan terus siaga dan mengeluarkan kebijakannya untuk mengarahkan asumsi makroekonomi tetap sejalan dengan yang sudah ditetapkan.

Dalam hal ini, menjaga pertumbuhan ekonomi tahun depan tetap berada di kisaran 5,2% yoy, inflasi di kisaran 3% yoy, serta rata-rata nilai tukar rupiah di sepanjang tahun depan di kisaran Rp 14.350 per dollar AS.

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul BI waspadai akan risiko-risiko ini pada tahun 2022 mendatang

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas