Tribun Bisnis

Gunung Semeru Erupsi

Pengamat Apresiasi Langkah Cepat Pertamina Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru

Langkah cepat Pertamina dalam membantu korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, mendapat apresiasi

Penulis: Malvyandie Haryadi
Editor: Muhammad Zulfikar
Pengamat Apresiasi Langkah Cepat Pertamina Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru
SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO
Awan panas meluncur dari kawah Gunung Semeru terlihat dari Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Senin (6/12/2021). Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat Gunung Semeru kembali mengeluarkan awan panas dengan jarak luncur sejauh 2,5 kilometer yang mengarah ke Besuk Kobokan. SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Langkah cepat Pertamina dalam membantu korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, mendapat apresiasi.

Menurut pengamat kebijakan publik Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah, upaya yang dilakukan melalui Pertamina Peduli tersebut, diharapkan bisa menjadi motor penggerak bagi perusahaan lain.

“Ini upaya sangat baik dan bagus. Sebagai BUMN, Pertamina memang tak bisa terpisahkan dari publik. Mereka punya tanggung jawab kepada masyarakat, termasuk para korban erupsi Gunung Semeru. Semoga bisa diikuti BUMN lain, BUMD, dan juga korporasi lainnya,” jelas Trubus di Jakarta hari ini (8/12/2021).

Menurut Trubus, tidak hanya sekali Pertamina menunjukkan kepedulian.

Selama ini, BUMN energi tersebut memang selalu aktif membantu masyarakat yang tertimpa bencana.

Saat pandemi Covid-19 pun, Pertamina banyak memberikan bantuan, termasuk membangun rumah sakit modular bagi pasien Covid-19.

Itu sebabnya, Trubus berharap, kali ini pun bantuan tidak sekadar dalam bentuk pemberian bahan makanan, perlengkapan, alat kesehatan (alkes), serta bahan kebutuhan pokok lain.

Selain itu, diharapkan Pertamina bisa menggalang bantuan dari para mitra kerjanya, dari hulu sampai hilir.

“Pertamina selaku perusahaan negara bisa menggalang bantuan dari mitra kerjanya. Mereka juga bisa bersama-sama para relawan untuk saling membantu para korban. Saya percaya, BUMN Migas ini bisa bertindak banyak terhadap pemulihan di wilayah tersebut, baik dalam keadaan tanggap darurat maupun pasca bencana,” imbuhnya.

Baca juga: Menteri PPPA Minta Korban Erupsi Semeru dapat Tempat Pengungsian Layak dan Ramah Anak

Berbagai bantuan yang diberikan, diharapkan bisa meringankan beban para korban erupsi.

Halaman
123
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas