Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Mengupas Perjalanan Industri Otomotif Hingga Era Mobil Listrik Lewat Karya Agus Tjahajana

buku ini juga menulis tentang perjuangan Indonesia membangun mobil merek nasional (mobnas) dengan konteks global.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Sanusi
zoom-in Mengupas Perjalanan Industri Otomotif Hingga Era Mobil Listrik Lewat Karya Agus Tjahajana
Lita Febriani/Tribunnews.com
Peluncuran buku Industri Otomotif untuk Negeri: Menjadi Pemain Utama Era Mobil Listrik karya Agus Tjahajana Wirakusumah diterbitkan oleh penerbit Pustaka Kaji, di Dreams Café by Honda, Senayan Park, pada Selasa (14/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menilik kembali sejarah perkembangan industri otomotif Tanah Air yang dimulai sejak era 1970-an hingga akhirnya terjun ke ranah elektrifikasi.

Industri strategis ini telah berkontribusi cukup signifikan selama 50 tahun lebih, bukan hanya bagi sektor ekonomi, namun juga bagi pembangunan sumber daya manusia di negeri ini.

Perkembangan dan kemajuan industri otomotif Indonesia juga semakin diakui dunia, terutama saat volume pasar otomotif Indonesia tembus satu juta unit sejak 2012, sehingga Indonesia masuk kelompok elite dunia "klub pasar satu juta unit".

Baca juga: Pengamat: Perusahaan Patungan TOBA dan Gojek Langkah Tepat Ambil Peluang Menuju Elektrifikasi

Sejak itu, pamor industri otomotif nasional semakin tinggi dan menarik banyak merek otomotif dunia menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis produksinya, sekaligus bagian dari rantai pasok global (global supply chain).

Sayangnya, perjalanan panjang dan dinamika industri otomotif Indonesia tidak banyak didokumentasikan dengan lengkap dan baik.

Dalam konteks inilah, buku berjudul Industri Otomotif untuk Negeri: Menjadi Pemain Utama Era Mobil Listrik karya Agus Tjahajana Wirakusumah diterbitkan oleh penerbit Pustaka Kaji, Jakarta dan diluncurkan di Dreams Café by Honda, Senayan Park, pada Selasa (14/12/2021).

Baca juga: Dukung Elektrifikasi, DFSK Gelora E Jadi Armada Mobil Listrik Damri, Ini Foto-fotonya

BERITA REKOMENDASI

Buku ini hadir untuk memperkaya data dan dokumentasi industri otomotif nasional.

Tak hanya itu, buku ini juga hadir di tengah era baru industri menuju kendaraan zero emission dan upaya pemerintah menerapkan rezim pajak baru kendaraan bermotor, yakni pajak emisi atau carbon tax yang efektif sejak 16 Oktober 2021.

Buku yang mengupas industri otomotif Indonesia secara lengkap ini ditulis oleh Agus Tjahajana Wirakusumah, yang memiliki rekam jejak yang panjang mengurus industri ini sejak berkarir lama di Kementerian Perindustrian RI, hingga kini berkarir di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Buku ini dimulai dari fakta perniagaan mobil di Indonesia yang sudah ada sejak negara ini berada dalam masa pemerintah kolonial Belanda.

Perdagangan mobil pada era ini mendorong beberapa merek otomotif asal Amerika dan Eropa masuk ke Indonesia dengan mitra para pengusaha lokal.

Pengusaha lokal inilah yang memasarkan mobil asal Amerika dan Eropa dengan perannya sebagai importir.

Buku ini juga menuliskan soal para tokoh yang menjadi perintis industri otomotif berkembang di Indonesia, seperti William Soeryadjaya, Hadi Budiman dan Sjarnoebi Said, serta Soebronto Laras.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas