Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Revitalisasi, Mulai 1 Januari 2022 Penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma Akan Dipindahkan

Bandara Halim Perdanakusuma akan ditutup mulai 1 Januari 2022. Penutupan ini hanya sementara waktu dalam rangka revitalisasi.

Editor: Sanusi
zoom-in Revitalisasi, Mulai 1 Januari 2022 Penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma Akan Dipindahkan
Tribunnews/JEPRIMA
Aktivitas calon penumpang saat menunggu keberangkatan pesawat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bandara Halim Perdanakusuma akan ditutup mulai 1 Januari 2022. Penutupan ini hanya sementara waktu dalam rangka revitalisasi.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan, penerbangan pesawat udara sipil atau komersil yang saat ini beroperasi di Bandara Halim Perdanakusuma akan dipindahkan operasionalnya ke sejumlah bandara lain.

Baca juga: Citilink Jadi Maskapai Pertama Terbangi Rute Bandara Halim ke Cepu

"Operasionalnya akan dipindahkan ke Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Pondok Cabe, dan Bandara Budiarto Curug," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Senin (27/12/2021).

Meski demikian, Adita belum bisa menyebut waktu pasti pemindahan penerbangan komersil dari Bandara Halim Perdanakusuma. Menurutnya, proses pemindahan masih menunggu terbitnya Peraturan Presiden (Perpres).

Baca juga: TNI AU Dukung Revitalisasi Fasilitas Penerbangan Bandara Halim Perdanakusuma

Ia bilang, Perpres yang akan terbit sebagai payung hukum pelaksanaan revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma. Oleh sebab itu, Kemenhub sedang menunggu proses pengesahannya untuk bisa segera dilaksanakan.

"Perpindahan operasional pesawat udara sipil dilaksanakan setelah diterbitkannya Perpres dimaksud," katanya.

Aktivitas calon penumpang saat menunggu keberangkatan pesawat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (17/12/2020). Pemerintah akan mewajibkan penumpang kereta api jarak jauh dan pesawat untuk melakukan rapid test antigen maksimal 2x24 jam atau H-2 sebelum keberangkatan. Hal ini dilakukan untuk menekan risiko penyebaran virus corona saat libur Natal dan Tahun Baru. Tribunnews/Jeprima
Aktivitas calon penumpang saat menunggu keberangkatan pesawat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Adapun menurut Adita, revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma memang diperlukan meningkatkan faktor keselamatan penerbangan di bandara itu. Di antaranya akan dilakukan perbaikan pada sisi runway dan sistem drainase.

BERITA TERKAIT

"Revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan dan keselamatan penerbangan," pungkas dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ditutup Mulai 1 Januari 2022, Penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma Akan Dipindahkan"

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas