Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kaleidoskop 2021: Adaptasi Teknologi Sektor Transportasi di Tengah Pandemi

adaptasi teknologi pada sektor transportasi seperti pembayaran non-tunai atau cashless saat akan melakukan pembelian tiket.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Kaleidoskop 2021: Adaptasi Teknologi Sektor Transportasi di Tengah Pandemi
dok ASDP Indonesia Ferry
Kaleidoskop 2021: Adaptasi Teknologi Sektor Transportasi di Tengah Pandemi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang melanda dunia, memaksa masyarakat harus melakukan jaga jarak dan juga seminimal mungkin melakukan interaksi secara tatap muka atau langsung.

Selain itu, pandemi Covid-19 juga membuat adaptasi teknologi lebih cepat dilakukan pada beberapa sektor seperti transportasi. Pemanfaatan teknologi ini seperti menjadi solusi di tengah pandemi Covid-19.

Melalui adaptasi teknologi ini, masyarakat masih dapat melakukan aktivitas mereka di tengah pandemi dengan menerapkan konsep contactless dan juga digitalisasi.

Baca juga: Dokter Reisa: Pengguna Transportasi Umum Harus Sudah Vaksin Covid-19 Lengkap

Salah satu adaptasi teknologi pada sektor transportasi seperti pembayaran non-tunai atau cashless saat akan melakukan pembelian tiket.

Hal ini dilakukan oleh PT ASDP Indonesia Ferry yang memfokuskan agar pemesanan tiket kapal feri dilakukan secara online, untuk meminimalisir penyebaran virus corona atau Covid-19.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi, mengatakan penjualan tiket melalui proses online sebagai upaya digitalisasi dan sekaligus peningkatan layanan kepada para pengguna jasa.

BERITA TERKAIT

"Tentunya metode online ini dapat meminimalisir kerumunan antrean, sekaligus dapat mencegah penyebaran Covid-19," kata Ira.

Selain itu Ira juga menyebutkan, pembelian tiket online memiliki banyak kelebihan seperti, penumpang bisa mengatur waktu keberangkatan sampai H-30 hari dengan efisien.

"Bukan hanya itu, pemesanan secara online juga membuat para penumpang tak perlu mengantre lama di pelabuhan karena saat masuk hanya tinggal menunjukan Quick Response (QR) Code," ujar Ira.

Kemudian PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga terus melakukan pengembangan digitalisasi dalam operasional angkutan Kereta Api (KA). Bentuk pengembangan digitalisasi PT KAI yaitu adalah aplikasi KAI Access yang memberikan kemudahan calon penumpang memesan tiket perjalanan hingga pengiriman barang.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menyebutkan, KAI Acces tidak hanya layanan pemesanan tiket kereta api, kini KAI Access juga mendukung pemesanan dan informasi.

"Pengembangan aplikasi KAI Access ini merupakan bentuk inovasi dan solusi KAI dalam menghadirkan pemesanan berbagai layanan KAI Group dalam satu genggaman," kata Joni.

Joni juga menjelaskan, dalam aplikasi KAI Access terdapat menu KA Wisata yang menghadirkan layanan pemesanan Kereta Wisata seperti Kereta Istimewa, Kereta Wisata Priority, Nusantara, dan lainnya.

Baca juga: Lancarkan Transportasi Laut di Perairan Sabang, Kemenhub Gandeng Swasta Manfaatkan SROP Meulaboh

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas