Tribun Bisnis

Nilai Ekspor Sektor Parekraf Ditargetkan Rp 304.9 Triliun di 2022

Nilai ekspor di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ditargetkan mencapai 21,2 miliar USD atau sekira Rp 304.9 triliun (kurs Rp 14.382) pada 2022.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Choirul Arifin
Nilai Ekspor Sektor Parekraf Ditargetkan Rp 304.9 Triliun di 2022
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Seorang pengrajin menyelesaikan pekerjaannya membuat sepatu dalam pameran Utopia yang berlangsung di Mal Ciputra Semarang, Jawa Tengah. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menargetkan nilai ekspor di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif mencapai 21,2 miliar USD atau sekira Rp 304.9 triliun (kurs Rp 14.382) pada 2022.

Sandiaga memaparkan, tahun ini sektor pariwisata dan ekonomi kreatif memiliki prospektif untuk bangkit, terutama dengan dukungan seluruh pihak terkait. Karena itu, lanjut dia, Kemenparekraf menargetkan kontribusi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 4,3 persen.

"Target-target kita 2022 kontribusinya (PDB) naik 4,3 persen," ujar Sandiaga saat diskusi virtual, Kamis (27/1/2022).

Selain itu, ucap Sandiaga, pemerintah juga menargetkan peningkatan nilai ekspor di sektor ekonomi kreatif. "Nilai ekspor ekonomi kreatif naik juga 21,2 miliar USD," imbuh Sandiaga.

Baca juga: Rekomendasi Anti-Dumping Ditolak, Indonesia Akhirnya Bisa Mengekspor Baja ke India

Sandiaga juga menargetkan, nilai tambah ekonomi kreatif menjadi yang terbesar ketiga di dunia setelah Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan.

"Nilai tambah ekonomi kreatif Rp 1.240 triliun menempatkan kita di posisi tiga setelah AS dengan Hollywood dan Korea dengan K-pop. Indonesia posisi tiga," kata Sandiaga.

Baca juga: Presiden Jokowi Lepas Ekspor Perdana Smelter Grade Alumina

Ia menambahkan, pergerakan wisatawan nusantara diperkirakan mencapai 260-280 juta pergerakan. Namun, untuk wisatawan mancanegara masih bergantung pada penanganan pandemi Covid-19.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas