Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Menparekraf Targetkan 3.000 Desa Wisata Daftar ADWI 2022

Hal tersebut, ucap Sandiaga, demi mendorong kebangkitan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Menparekraf Targetkan 3.000 Desa Wisata Daftar ADWI 2022
capture video
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menargetkan jumlah peserta sebanyak 3.000 desa wisata dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Hal tersebut, ucap Sandiaga, demi mendorong kebangkitan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat. Pendaftaran akan ditutup sampai akhir Maret 2022.

"Kita menargetkan jumlah peserta sebanyak 3.000 desa wisata. Daftarkan di jadesta.kemenparekraf.go.id sampai 31 Maret 2022. Wujudkan desa wisata berkelas dunia, berdaya saing global, dan berkelanjutan untuk Indonesia Bangkit," ujar Sandiaga dalam keterangannya, Senin (28/2/2022).

Baca juga: Sandiaga Uno Ajak Mahasiswa UICI Jaga Indonesia dan Bangun Negeri

Sandiaga mengatakan, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif harus menjadi sektor yang berkeadilan. Sehingga tidak hanya untuk masyarakat menengah ke atas, tapi juga untuk menengah ke bawah.

"Pengembangan Desa wisata ini adalah program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu serta adil dalam mendistribusikan sektor ini sebagai kebangkitan ekonomi kita," tutur Sandiaga.

Ia menerangkan, masyarakat desa juga mendapatkan kesempatan untuk memberikan tambahan penghasilan.

Baca juga: Sandiaga Uno Kaget Harga Sewa Hotel di Mandalika Naik Jadi Rp 8 Juta Per Malam

BERITA TERKAIT

"Bukan hanya hotel-hotel besar yang perlu kita datangkan wisatawannya namun juga desa-desa wisata yang akan menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi kita dan pembukaan lapangan kerja," katanya.

Sandiaga menjelaskan ada tujuh kategori penilaian dalam ajang ADWI 2022 ini. Ketujuhnya adalah daya tarik pengunjung atau atraksi, homestay, suvenir, toilet umum, CHSE (Cleanliness, health, safety, and environmental sustainability), digitalisasi dan konten kreatif, serta aspek kelembagaan desa wisata.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas