Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pedagang Daging Sapi di Pasar Kramat Mogok Berjualan, Omzet Menurun hingga Tagih Janji Jokowi

Mereka mendesak pemerintah lekas mengambil langkah untuk menurunkan harga daging sapi agar kembali normal di kisaran Rp 110 ribu per kilogram

Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Pedagang Daging Sapi di Pasar Kramat Mogok Berjualan, Omzet Menurun hingga Tagih Janji Jokowi
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Lapak pedagang daging sapi di Pasar Kramat Jati yang sepi karena para pedagang melakukan mogok, Jakarta Timur, Senin (28/2/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pedagang daging sapi di Pasar Kramat Jati, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur memulai aksi mogok berjualan, Senin (28/2/2022).

Para pedagang dan pengelola rumah pemotongan hewan melakukan mogok untuk memprotes mahalnya harga daging sapi lokal yang kini berkisar Rp 130 ribu per kilogram.

Mereka mendesak pemerintah lekas mengambil langkah untuk menurunkan harga daging sapi agar kembali normal di kisaran Rp 110 ribu per kilogram sehingga tidak menyulitkan warga.

Baca juga: Mulai Besok Pedagang Daging Sapi Mogok Berjualan, Kementan Tegaskan Stok Aman hingga Lebaran




"Kita dagang saja tetap enggak ada yang beli, sepi. Omzet penjualan ya sekarang menurun setengahnya. Banyak pembeli mengeluh dengan harga sekarang, enggak sanggup beli," ujar Ape (48), seorang pedagang daging sapi di Pasar Kramat Jati.

Pantauan di los pedagang daging sapi Pasar Kramat Jati lapak penjual tampak sepi ditinggal pemilik yang ikut melakukan aksi mogok mulai hari ini hingga Jumat (4/3/2022) mendatang.

Pisau daging dan kayu alas potong yang digunakan pedagang daging sapi untuk berjualan dibiarkan tergeletak begitu saja di kios, sementara jumlah pembeli terpantau hanya sedikit.

Lapak pedagang daging sapi di Pasar Kramat Jati yang sepi karena para pedagang melakukan mogok, Jakarta Timur, Senin (28/2/2022).
Lapak pedagang daging sapi di Pasar Kramat Jati yang sepi karena para pedagang melakukan mogok, Jakarta Timur, Senin (28/2/2022). (TribunJakarta.com/Bima Putra)

Tagih Janji Jokowi

BERITA TERKAIT

Pedagang daging sapi di Pasar Kopro, Tanjung Duren, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat mogok berjualan mulai hari ini Senin (28/2/2022).

Mereka memasang spanduk dari kertas cokelat dengan tulisan 'Pasar Kopro, daging sapi koperatif tutup, dari 28 Februari- 4 Maret 2022, menunggu janji Presiden harga daging sapi dibawah Rp 100.000'.

Suasana sepi, para pedagang ada yang tidur di lapak karena ogah berjualan lantaran modal harga daging melonjak tinggi.

Pedagang daging sapi berbama Ombi (30) menjelaskan, aksi mogok berniaga ini sebagai bentuk protes terhadap pemerintah.

"Harganya terlalu tinggi, apalagi sebentar lagi mendekati bulan puasa dan lebaran, konsumennya pada gak ada," katanya.

Pedagang daging sapi di Pasar Kopro, Tanjung Duren, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat mogok berjualan mulai hari ini Senin (28/2/2022).
Pedagang daging sapi di Pasar Kopro, Tanjung Duren, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat mogok berjualan mulai hari ini Senin (28/2/2022). (Warta Kota/Miftahul Munir)

Baca juga: Pedagang Daging Sapi di Bekasi Akan Mogok Jualan Selama Lima Hari

Aksi mogok ini juga sebagai bentuk solidaritas sesama pedagang daging sapi di seluruh Pasar DKI Jakarta.

Ombi mengaku mendapat surat dari Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) agar berhenti jualan sementara waktu.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas