Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Survei Bank Mandiri: Kuartal I 2022 Belanja Masyarakat Capai Level Tertinggi Selama Masa Pandemi

Survei yang dilakukan Mandiri Institute melaporkan, pada awal kuartal I-2022, belanja masyarakat mencapai level tertinggi sepanjang pandemi

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Survei Bank Mandiri: Kuartal I 2022 Belanja Masyarakat Capai Level Tertinggi Selama Masa Pandemi
fashionismyforte.com
ILUSTRASI belanja - Survei Bank Mandiri: Kuartal I 2022 Belanja Masyarakat Capai Level Tertinggi Selama Masa Pandemi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bank Mandiri melalui survei yang dilakukan Mandiri Institute melaporkan, pada awal kuartal I-2022, belanja masyarakat mencapai level tertinggi sepanjang pandemi.

Head of Mandiri Institute, Teguh Yudo Wicaksono mengatakan, Mandiri Spending Index (MSI) tercatat mencapai level tertinggi selama pandemi yaitu 143,3 pada minggu pertama Januari 2022, tumbuh sebesar 31 persen secara tahunan (year on year/yoy) di Januari dan 16 persen (yoy) sepanjang Februari.

“Seiring dengan persiapan Ramadan dan Lebaran 2022, maupun pelonggaran mobilitas, belanja kami perkirakan terus meningkat hingga pertengahan Mei 2022, dan untuk periode kuartal I-2022 akan lebih tinggi dibanding kuartal I-2021,” ucap Teguh, Jumat (25/3/2022).

Baca juga: Survei: 74,5 Persen Konsumen lebih Nyaman Berbelanja di Online

Ia kembali mengatakan, selain berbagai program ekonomi, vaksinasi menjadi faktor penting dalam pemulihan ekonomi. Vaksinasi mengurangi risiko penularan Covid-19 secara signifikan.

Dampak positif dari program vaksinasi ini terlihat dari terjaganya tingkat penularan Covid-19 pasca ledakan varian Delta, meski terjadi kenaikan mobilitas masyarakat.

Hal ini menyebabkan kenaikan belanja masyarakat tidak serta merta diikuti oleh kenaikan kasus Covid-19.

BERITA TERKAIT

Situasi ini berbeda dengan kondisi sebelum program vaksinasi massal dijalankan, dimana kenaikan belanja masyarakat kemudian diikuti dengan kenaikan kasus Covid-19.

“Dengan demikian, vaksinasi harus terus diperluas dan dipercepat, terutama menjelang peningkatan mobilitas masyarakat yang masif pada periode mudik Lebaran nanti,” papar Teguh.

Mandiri Institute juga melaporkan, tingkat belanja di semua wilayah kembali meningkat di awal Maret 2022.

Baca juga: Hari Belanja Konsumen Shopee Pertama Berakhir Meriah, Cuma 2 Jam Cetak Penjualan 5X Lebih Banyak

Dibandingkan wilayah lain, kenaikan yang lebih tinggi terjadi di wilayah Bali dan Nusa Tenggara.

Beberapa hal berkontribusi pada kenaikan ini, seperti pembukaan kembali pintu internasional ke Bali sejak awal Februari 2022, di mana perhelatan MotoGP Mandalika berdampak sangat signifikan pada kenaikan kunjungan masyarakat di NTB dan Bali.

Di sisi lain, Kalimantan, Sumatera, dan Sulawesi, juga mencatat tingkat belanja yang tinggi terkait dengan kenaikan harga komoditas.

Menurun dan terkendalinya kasus Covid-19 saat ini mengubah komposisi belanja masyarakat.

Belanja terkait alat kesehatan yang biasanya meningkat setiap ada kenaikan kasus, kini berangsur menurun.

Di sisi lain, belanja yang selalu tertekan setiap ada kenaikan kasus dan pembatasan mobilitas, seperti fesyen, kini kembali meningkat dan mulai berada di sekitar level prapandemi.

Pelonggaran mobilitas juga membuat belanja di pusat perbelanjaan (department stores, supermarket, atau restoran) kembali meningkat.

“Kami memperkirakan tren belanja akan terus tinggi didukung periode musiman Ramadhan dan Lebaran, baik yang dilakukan secara onsite maupun lewat belanja online,” pungkas Teguh. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas