Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw Temui Sandiaga, Bahas Festival Danau Sentani dan Kongres AMAN 2022

Sandiaga berkeinginan agar event organizer dikelola oleh anak-anak muda profesional agar turut serta mengembangkan sektor pariwisata

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Bupati Jayapura Mathius Awoitauw Temui Sandiaga, Bahas Festival Danau Sentani dan Kongres AMAN 2022
istimewa
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw melangsungkan rapat bersama dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) di Kantor Kemenparekraf, Jakarta Pusat, Selasa (5/4/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw melangsungkan rapat bersama dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno untuk membahas sejumlah acara pariwisata di Kabupaten Jayapura, Papua.

Mathius menyambangi kantor Kemenparekraf di Jakarta Pusat, Selasa (5/4/2022). Dalam pertemuan itu, dibahas mengenai persiapan Festival Danau Sentani 2022 dan Kongres Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) 2022

"Tadi saya laporkan Festival Danau Sentani akan dibarengi Kongres Aliansi Masyarakat Adat Nusantara. Akan ada ribuan orang yang datang sehingga ini perlu kita rencanakan bersama-sama," ujar Mathius di Kantor Kemenparekraf, Jakarta Pusat, Selasa (5/4/2022).

Baca juga: Menparekraf: Lulusan Poltekpar 100 Persen Terserap Industri Hingga Ciptakan Lapangan Kerja

Mathius menyampaikan, Sandiaga berkeinginan agar event organizer dikelola oleh anak-anak muda profesional agar turut serta mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Selain itu, ucap Mathius, pihaknya sepakat agar bersama Kemenparekraf terus melakukan koordinasi demi mematangkan kesiapan event tersebut.

"Kita berharap koordinasi dengan kementerian terus menerus, sehingga mudah-mudahan ada kebangkitan ekonomi kreatif," tutur Mathius.

Dalam rapat tersebut, pihak Kemenparekraf akan turut memfasilitasi dan memberikan dukungan demi kelancaran penyelenggaraan Festival Danau Sentani dan Kongres AMAN. Selain itu, ucap Mathius, Pemerintah Kabupaten Jayapura juga akan menigkatkan ekonomi kreatif di desa-desa wisata.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno: Satu Film Bisa Ciptakan 300 Lapangan Kerja

BERITA TERKAIT

"Festival ini kita dorong supaya kota atau kabupaten kreatif mulai kita wujudkan lewat Festival Danau Sentani," ucap Mathius.

Sebab, ia estimasi akan ada lebih dari 10 ribu orang yang akan hadir di acara tersebut. Namun, Mathius memastikan festival di Kabupaten Jayapura akan menjadi panggung pagelaran budaya masyarakat setempat.

"Kita jadikan festival ini benar-benar menjadi panggung pagelaran budaya mungkin lebih besar banyak pihak," ujarnya.

Dalam rapat, Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan terima kasih kepada kepala daerah yang mempunyai komitmen untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Ia mengatakan, acara-acara sektor Parekraf di beberapa daerah menjadi reprentasi Indonesia.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno Dorong 17 Subsektor Ekonomi Kreatif Masuk di e-katalog LKPP

"Karena potensinya luar biasa. Nanti Ada Pak Reza (Fahlevi) dan Pak Vinsensius Jemadu yang akan berkoordinasi mengatur event kita," kata Sandiaga.

Sandiaga juga mengingatkan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang Bangga Buatan Indonesia. Di mana produk-produk dalam negeri harus dikawal bersama-sama.

"Saya ucapkan terima kasih, mari sama-sama menata tatanan ekonomi baru kita," tutur Sandiaga.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas