Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Menhub dan Menko PMK Tinjau Kesiapan Bandara Soekarno-Hatta Hadapi Angkutan Lebaran

menhub dan Menko PMK meninjau Bandara Soekarno-Hatta terkait kesiapan Angkutan Lebaran 2022.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Sanusi
zoom-in Menhub dan Menko PMK Tinjau Kesiapan Bandara Soekarno-Hatta Hadapi Angkutan Lebaran
ist
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meninjau Bandara Soekarno-Hatta terkait kesiapan Angkutan Lebaran 2022. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meninjau Bandara Soekarno-Hatta terkait kesiapan Angkutan Lebaran 2022.

Sekaligus dilakukan rapat koordinasi di Bandara Soetta.

Menhub Budi Karya mengatakan rapat koordinasi dilakukan untuk meninjau persiapan yang sudah dilakukan AP II di Bandara Soekarno-Hatta untuk Angkutan Lebaran 2022.

Baca juga: Puncak Arus Mudik Lebaran 2022 Diprediksi Terjadi 29-30 April, Arus Balik 7-8 Mei

“Kita tadi rapat koordinasi. Selama 1 jam kita mereview apa yang sudah dilakukan AP II. Mudik Aman dan Mudik Sehat harus dilaksanakan,” ujar Budi dalam keterangannya, Jumat (8/4/2022).

Setelah menggelar rapat koordinasi, Budi dan Muhadjir meninjau Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta termasuk memantau operasional sentra vaksinasi booster dan melakukan inspeksi keselamatan terhadap satu unit pesawat Garuda Indonesia.

“Peninjauan Bandara Soekarno-Hatta sehubungan dilaksanakannya mudik, yang sudah 2 tahun kita tidak melaksanakan. Kita jauh-jauh hari menyiapkannya, termasuk di Bandara Soekarno-Hatta,” ucap Muhadjir.

BERITA TERKAIT

Muhadjir mengatakan Bandara Soekarno-Hatta menjadi titik sentral dari bandara-bandara yang lain. Di samping itu, Muhadjir menekankan pentingnya keberadaan sentra vaksinasi booster di Bandara Soekarno-Hatta guna mendukung penumpang pesawat memenuhi protokol kesehatan.

Baca juga: Monitoring Ketersedian BBM Ramadan-Idulfitri, Antisipasi Ketersediaan BBM Saat Mudik

Sedangkan, President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan selain sentra vaksinasi di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta mulai hari ini, 7 April 2022, juga membuka sentra vasinasi booster di Terminal 2.

“Sentra vaksinasi booster dibuka di Hall Area Terminal Kedatangan 2 D-E untuk mendukung penumpang pesawat termasuk pada periode Angkutan Lebaran 2022,” jelas Muhammad Awaluddin.

Adapun sentra vaksinasi booster di Terminal 2 dibuka setiap hari pada pukul 08.00 - 16.00 WIB. Penumpang yang ingin melakukan booster diimbau datang 4 jam sebelum keberangkatan, dan harus sudah mendapatkan vaksinasi dosis kedua selama minimal 3 bulan.

Selain di Bandara Soekarno-Hatta, sentra vaksinasi booster juga dibuka di bandara-bandara lainnya yang dikelola AP II.

“Kami berharap Angkutan Lebaran dapat berjalan lancar salah satunya didukung sentra vaksinasi booster. AP II mendukung Mudik Aman dan Mudik Sehat,” ujar Muhammad Awaluddin.

Dalam rapat koordinasi dengan Menhub dan Menko PMK, Muhammad Awaluddin menyampaikan puncak arus mudik diperkirakan pada H-3 sementara puncak arus balik pada H+5. Sebagai persiapan Angkutan Lebaran, Terminal 1 sudah diaktifkan mulai 1 April.

"Sebelumnya, Terminal 1 hampir 2 tahun tidak diaktifkan karena pandemi. Dibukanya Terminal 1 mendukung Terminal 2 dan Terminal 3,” ujar Muhammad Awaluddin.

Muhammad Awaluddin menambahkan, dengan seluruh terminal beroperasi dan dukungan operasional 3 runway, ini akan memastikan kelancaran penerbangan rute domestik dan internasional di Bandara Soekarno-hatta.

Menyusul operasional Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta pada periode Angkutan Lebaran 2022 juga akan mengaktifkan Skytrain. Pada periode Angkutan Lebaran 2022, Skytrain akan dioperasikan pada pukul 05.00 - 22.00 WIB.

“Kami sangat bersiap menghadapi Angkutan Lebaran 2022 dengan mengoptimalkan sumber daya di Bandara Soekarno-Hatta, di antaranya mengaktifkan Terminal 1 dan Skytrain sebagai moda berbasis rel dengan tenaga listrik yang menghubungkan antar-terminal serta Stasiun Kereta Bandara,” ujar Muhammad Awaluddin.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas