Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Ditentang Produsen AMDK, Pakar Bisnis Sebut Pelabelan BPA pada Galon Justru Ciptakan Pasar

Terkait rencana regulasi ini, sejumlah pihak menolak bahkan mengklaim regulasi tersebut dapat menjadi “vonis mati” bagi industri AMDK. Benarkah?

Penulis: Nurfina Fitri Melina
Editor: Bardjan
zoom-in Ditentang Produsen AMDK, Pakar Bisnis Sebut Pelabelan BPA pada Galon Justru Ciptakan Pasar
Istimewa
Ilustrasi galon AMDK BPA Free. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menyusun draft Peraturan BPOM Nomor 31 Tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan, yang akan mewajibkan produk air minum dalam kemasan (AMDK) galon berbahan polikarbonat agar mencantumkan label “berpotensi mengandung BPA”.

Bisphenol-A (BPA) merupakan senyawa kimia yang digunakan dalam kemasan plastik polikarbonat untuk membuat plastik tidak mudah hancur dan biasa digunakan dalam kemasan galon. Penelitian membuktikan adanya bahaya migrasi BPA bagi kesehatan manusia, termasuk mengganggu perkembangan otak dan berkontribusi pada perkembangan sel kanker.

Terkait rencana regulasi ini, sejumlah pihak menolak bahkan mengklaim regulasi tersebut dapat menjadi “vonis mati” bagi industri AMDK.




Bahkan, asosiasi produsen AMDK mengklaim bakal merugi sekitar Rp 6 triliun akibat biaya penarikan galon polikarbonat dan Rp10 triliun akibat penggantian ke galon non-polikarbonat.

Kontestasi pasar itu biasa, yang utama adalah strategi menjaga kualitas.

Menurut Regional Manager AMDK Cleo, Yohanes Catur Arkiyono, terkait rencana pelabelan BPA ini, pelaku industri AMDK justru dapat menjadikan wacana ini sebagai sarana untuk berinovasi demi memberikan produk yang lebih berkualitas bagi masyarakat.

"Untuk teman-teman pelaku usaha lainnya menurut saya tidak perlu ada yang dikhawatirkan sepanjang kita memprosesnya dilakukan dengan benar dan memenuhi regulasi BPOM. Bukan masalah polikarbonat atau non-polikarbonat, tetapi proses untuk pengendalian BPA-nya yang penting," ujar Yohanes dalam Webinar FMCG Insights Talk dengan tema "Pelabelan BPA: Menuju Masyarakat Sehat dengan Pasar Sehat", Kamis (21/4/2022).

BERITA TERKAIT

Menurut Yohanes, pencantuman label BPA-free pada produk AMDK juga menjadi upaya pelaku usaha dan pemerintah untuk bersama-sama memberi edukasi dan sosialisasi terhadap konsumen.

“Ini menjadi kesempatan untuk pelaku usaha, BPOM dan pemerintah secara bersama-sama memberikan edukasi (mengenai BPA) dan sosialisasi kepada masyarakat dengan metode yang simpel,” ujarnya.

Arkiyono juga mengatakan, sah-sah saja jika ada kontestasi pasar antarpelaku industri, asalkan tidak saling menjatuhkan produk satu sama lain dan tetap menjaga kualitas serta memenuhi regulasi yang berlaku.

Pasar AMDK bisa jadi lebih hidup dan kompetitif

Senada dengan itu, Pakar Ekonomi dan Bisnis FE UI Tjahjanto Budisatrio, yang juga hadir sebagai narasumber pada kesempatan yang sama, mengungkapkan penerapan pelabelan risiko BPA pada AMDK justru akan membuat pasar menjadi lebih hidup.

Maka dari itu, dia mengharapkan, regulasi terbaru dari BPOM nantinya akan memberikan dampak baik bagi masyarakat dan pasar industri AMDK.

“Saya mengharapkan dengan resminya regulasi BPOM nanti memberikan suatu kesehatan bagi masyarakat. Karena saya melihat bahwa selain kesehatan secara masyarakat, juga kesehatan dalam pasar itu sendiri karena mereka akan bersaing dan contestable market akan tercipta sehingga pasarnya lebih hidup dan lebih bersaing sehingga lebih efisien,” jelasnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas