Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Layani Mudik Lebaran, KAI Telah Jual 485 Ribu Tiket Kereta Keberangkatan dari Jakarta

Pada kurun waktu 22 April-6 Mei 2022 sebanyak 485.200 tiket terjual untuk keberangkatan dari Daop 1 Jakarta

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Sanusi
zoom-in Layani Mudik Lebaran, KAI Telah Jual 485 Ribu Tiket Kereta Keberangkatan dari Jakarta
Tribunnews.com/Gheovano Alfiqi
Sebanyak 16.100 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (29/4/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia atau KAI telah menetapkan masa angkutan lebaran untuk perjalanan Kereta Api (KA) berlangsung sejak H-10 sampai dengan H+10 Lebaran atau 22 April-13 Mei 2022.

Kepala Hubungan Masyarakat PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan, pada periode tersebut dari area Daop 1 Jakarta, terdapat sekitar 64 perjalanan KA Jarak Jauh per harinya.

Dari total perjalanan tersebut, kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata sebanyak 37.400 per hari.

Baca juga: Urai Kemacetan Arus Balik, Menteri PANRB Minta Instansi Pemerintah Atur Jadwal WFH

“Pada kurun waktu 22 April-6 Mei 2022 sebanyak 485.200 tiket terjual untuk keberangkatan dari Daop 1 Jakarta,” ucap Eva di Jakarta, Jumat (6/5/2022).

Dirinya melanjutkan, adapun relasi yang banyak dipilih pengguna diantaranya tujuan Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Tegal, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung.

Eva juga mengungkapkan, hari ini sejumlah stasiun di area Daop 1 Jakarta juga mulai menerima kedatangan penumpang dengan volume yang cukup tinggi.

BERITA REKOMENDASI

Para penumpang KA tersebut disinyalir merupakan masyarakat yang telah melakukan perjalanan arus balik, atau kembali menuju Jakarta dan sekitarnya.

KAI Daop 1 Jakarta mencatat, peningkatan jumlah kedatangan penumpang terjadi sejak H+2 sampai dengan H+4 Idul Fitri 1443 Hijriah (4-6 Mei 2022).

Baca juga: Mudik Lebaran 2022, Pergerakan Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Tembus 1,58 Juta Orang

Khusus pada hari ini (Jumat, 6 Mei 2022) terdapat sekitar 39.300 penumpang yang datang di area daop 1 Jakarta.

“Berdasarkan data kedatangan pada masa Angkutan Lebaran untuk Daop 1 Jakarta, volume penumpang datang mengalami kenaikan tertinggi pada tanggal 5-6 Mei 2022,” ucap Eva.

Adapun sejak tanggal 4-6 Mei 2022 terdapat 111.700 penumpang yang tiba di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Jakarta Kota, Bekasi, dan Cikampek.

Meski demikian, lanjut Eva, kedatangan penumpang KA masih akan terus mengalami peningkatan hingga 10 Mei 2022.

Eva melanjutkan, KAI Daop 1 Jakarta memastikan bahwa seluruh penumpang yang tiba telah memenuhi persyaratan untuk perjalanan penumpang KA.

Karena telah dilakukan pemeriksaan di stasiun awal keberangkatan, sehingga pada saat tiba di stasiun tujuan penumpang tidak melalui proses pemeriksaan berkas kembali.

Untuk memperlancar arus penumpang turun di stasiun, Daop 1 Jakarta menempatkan sejumlah petugas baik di area peron dan hall untuk membantu mengarahkan penumpang yang tiba agar tidak berkerumun di satu lokasi tertentu saat akan menunggu penjemputan.

“Sejumlah petugas juga akan melakukan pemeriksaan ulang pada KA yang tiba untuk memeriksa dan memastikan tidak ada barang penumpang yang tertinggal,” pungkas Eva.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas