Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Milenial dan Gen Z Gemar Berwirausaha, Bisnis Makanan-Minuman Paling Diminati

Pertumbuhan jumlah wirausahawan muda di Indonesia juga turut memacu munculnya tokoh-tokoh entrepreneur muda yang menjadi inspirasi.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Milenial dan Gen Z Gemar Berwirausaha, Bisnis Makanan-Minuman Paling Diminati
IST
Webinar The Rise of Young F&B Entrepreneurs untuk menumbuhan jiwa kewurausahaan mahasiswa. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan Eko Purwanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Minat generasi muda berwirausaha di Indonesia cukup tinggi. Dari 64 persen total penduduk muda di Indonesia, 73 persen diantaranya tertarik berwirausaha.

Tren itu menjadi peluang yang besar bagi kemajuan industri di Indonesia, salah satunya industri makanan dan minuman (F&B).

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat produk domestik bruto atas dasar harga konstan (ADHK) industri makanan dan minuman pada tahun 2021 sebesar Rp775,1 miliar.
Nilai tersebut tumbuh 2,54 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Angka ini juga cukup signifikan mengingat era pandemi sempat melumpuhkan beberapa industri di Indonesia, termasuk industri F&B.

Pertumbuhan jumlah wirausahawan muda di Indonesia juga turut memacu munculnya tokoh-tokoh entrepreneur muda yang menjadi inspirasi.

Dengan berkembangnya usaha yang dirintis menjadikan motivasi bagi anak-anak muda untuk bisa mengembangkan dan mengeksplorasi minat berbisnisnya.

BERITA TERKAIT

Selain minat, a dukungan dari lingkungan dan pendidikan dapat menjadi faktor utama dalam menjalankan strategi bisnis.

Baca juga: Program Jawara Sukses Cetak 500 Micro Entrepreneur Baru

Dr Marshall Schott, Presiden Sampoerna University menyatakan berbisnis menjadi salah satu bidang yang banyak diminati generasi milenial dan Gen Z saat ini. Karena itu, perguruan tingginya menerapkan pendidikan ala Amerika Melalui Faculty of Business (FOB).

“Kami berkomitmen mengembangkan lulusan yang berwawasan global, berjiwa wirausaha dan kepemimpinan serta memiliki rasa tanggung jawab sosial, sehingga mampu memberikan kontribusi bagi industri di Indonesia,” ujarnya dalam keterangan pers tertulis, Kamis (7/7/2022).

Baca juga: Tajeer Inkubator Ajak Mahasiswa Jadi Entrepreneur Sejak di Bangku Kuliah

Selain memberikan edukasi dari sisi akademis, pihaknya juga memberikan dukungan nonakademis seperti acara webinar The Rise of Young F&B Entrepreneurs yang baru-baru ini diselenggarakan untuk menumbuhkan kreativitas mahasiswa dalam membaca peluang bisnis makanan dan minuman yang sedang tren saat ini.

Haidhar Wurjanto, CEO Esteh Indonesia, salag satu narasumber di webinar ini menyatakan sangat mendukung kegiatan webinar semacam ini karena minat berwirausaha bisa dimulai sejak dini.

Baca juga: Mengenal Wirausaha Burnout, Cara Menghindari dan Mengatasinya

Banyak dari mereka yang memiliki kreativitas dan semangat yang tinggi. Namun, perlu diarahkan untuk pemikiran strategi bisnis yang efektif. "Salah satunya bisa dengan mendapatkan edukasi dari universitas,” kata Haidhar.

Salah satu mahasiswi FOB Sampoerna University dan juga founder Delist Julie, Julia Lathifah Kurniasari, membagikan pengalaman bisnis yang dia geluti.

“Awal ketertarikan saya di industri F&B memang sudah sejak lama. Namun semenjak saya masuk FOB, ketertarikan ini berkembang menjadi suatu bisnis yang mulai terarah. Saya juga mengikuti Business Club di Sampoerna University yang sangat menunjang dan mendukung bisnis saya,” ujar Julia.

Faculty of Business di kampusnya menyediakan perkuliahan dengan konsentrasi pada kewirausahaan yang menggabungkan pembelajaran dan penerapan prinsip-prinsip kewirausahaan dunia nyata melalui inkubator bisnis serta kompetisi kasus bisnis.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas