Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Laju Inflasi Sri Lanka Diprediksi Sundul 70 Persen dalam Beberapa Bulan Mendatang

Laju inflasi Sri Lanka diperkirakan akan melonjak jadi 70 persen dalam beberapa bulan ke depan

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Laju Inflasi Sri Lanka Diprediksi Sundul 70 Persen dalam Beberapa Bulan Mendatang
AFP/-
Polisi menggunakan gas air mata membubarkan petani yang ambil bagian dalam protes anti-pemerintah menuntut pengunduran diri Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa atas krisis ekonomi yang sedang berlangsung di Kolombo pada 6 Juli 2022. Bank Sentral Sri Lanka memprediksi laju inflasi akan meningkat menjadi 70 persen dalam beberapa bulan ke depan dari posisi inflasi saat ini sebesar 50 persen. (Photo by AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, COLOMBO - Laju Inflasi utama Sri Lanka diperkirakan akan meningkat menjadi 70 persen dalam beberapa bulan ke depan dari posisi inflasi saat ini sebesar 50 persen.

Pernyataan ini disampaikan Gubernur Bank Sentral Sri Lanka, Dr. Nandalal Weerasinghe saat briefing di Colombo, ibu kota Sri Lanka, membahas tinjauan kebijakan moneter ke-5 Bank Sentral Sri Lanka tahun 2022.

"Perhatian dan prioritas utama, dari sudut pandang bank sentral, adalah untuk mengatasi inflasi dan ekspektasi inflasi ke depan serta menurunkannya ke tingkat yang wajar sesegera mungkin. Jika Anda melihat dampak inflasi pada segmen masyarakat, yang pertama dan paling terpukul adalah orang miskin dan rentan," kata Dr. Weerasinghe seperti dikutip Daderana.lk, Jumat (8/7/2022).

Menurutnya, jika inflasi Sri Lanka melampaui kendali ke situasi hiperinflasi, tidak ada yang akan dapat melanjutkan bisnis.

Sebelumnya pada Rabu lalu, Dewan Moneter Bank Sentral Sri Lanka kembali menaikkan suku bunga dengan tujuan menahan tekanan inflasi sekaligus menjaga stabilitas makroekonomi pada periode mendatang.

Baca juga: Beban Utang Sri Lanka Capai 21,6 Triliun Rupee, PM Ranil Wickremesinghe Salahkan Tradisi Masa Lalu

Dengan demikian, Standing Deposit Facility Rate (SDFR) dan Standing Lending Facility Rate (SLFR) masing-masing meningkat 100 basis poin.

BERITA TERKAIT

Dalam proses pengambilan keputusan tersebut Dewan Moneter mempertimbangkan dampak dari kondisi moneter yang lebih ketat terhadap kegiatan ekonomi, termasuk usaha mikro, kecil dan menengah serta kinerja sektor keuangan terhadap konsekuensi merugikan yang luas dari setiap kenaikan harga.

Baca juga: PM Sri Lanka Dikabarkan Buat Pernyataan khusus Soal Hasil Diskusi dengan IMF

Begitu pula dengan tekanan di semua sektor ekonomi dalam waktu dekat.

Menurut Bank Sentral Sri Lanka, laju inflasi utama bulan Juni mencapai rekor tertinggi 54,6 persen, terutama didorong oleh inflasi pada sektor seperti transportasi, restoran dan hotel, makanan dan minuman non-alkohol.

Pada Juni lalu, laju inflasi makanan secara keseluruhan tercatat sebesar 80,1 persen, sedangkan inflasi non-makanan sebesar 42,4 persen.

Baca juga: Sri Lanka Bangkrut, Diprediksi Berlanjut Hingga 2023

Bank Sentral Sri Lanka mencatat bahwa faktor utama yang berkontribusi pada percepatan tingkat tinggi yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam inflasi utama adalah bukan hanya kenaikan harga energi dan pangan global serta pergerakan terkait ke harga domestik.

Namun juga gangguan sisi pasokan domestik, serta dampak depresiasi rupee Sri Lanka, penyesuaian pajak dan dampak keterlambatan akomodasi moneter.

"Dalam waktu dekat, akan ada beberapa percepatan inflasi headline hingga akhir tahun ini. Perlambatan yang signifikan diperkirakan mulai dari awal tahun 2023. Inflasi headline akan mencapai jangka menengah, kisaran 46 persen pada tahun 2025," jelas Dr. Weerasinghe.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas