Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

OK Bank Bagikan Tiga Tips Cari Tambahan Penghasilan Agar Makin Cuan

Setiap orang harus memiliki dana darurat yang bisa kita peroleh dengan cara menyisihkan sebagian dari penghasilan utama setiap bulannya.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in OK Bank Bagikan Tiga Tips Cari Tambahan Penghasilan Agar Makin Cuan
Shutterstock
Memiliki pekerjaan sampingan juga membuka peluang untuk memperluas jaringan relasi yang berkemungkinan memberikan pengalaman, pengetahuan serta kesempatan yang lebih besar lagi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Untuk kebutuhan berjaga-jaga dari risiko munculnya kebutuhan mendesak atau mendadak, kita perlu memiliki dana darurat selain simpanan dalam bentuk tabungan.

Dana darurat ini misalnya dibutuhkan saat kita atau keluarga dekat kita sakit yang membutuhkan dukungan dana segera untuk keperluan berobat.

Dana darurat ini bisa kita peroleh dengan cara menyisihkan sebagian dari penghasilan utama setiap bulannya.

Namun, tingginya biaya kebutuhan sehari-hari masih sering menjadi penghalang bagi banyak orang untuk memenuhi kebutuhan ini. Kondisi inilah yang mendorong banyak masyarakat berpikir kreatif dan mengupayakan pekerjaan sampingan, untuk memiliki penghasilan tambahan.

Memiliki pekerjaan sampingan memberikan banyak keuntungan lebih bagi mereka yang menjalankannya.

Selain tambahan dana yang bisa disisihkan untuk kebutuhan genting, pekerjaan sampingan juga membuka peluang untuk memperluas jaringan relasi yang berkemungkinan memberikan pengalaman, pengetahuan serta kesempatan yang lebih besar lagi.

Pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan bisa dilakukan oleh siapa saja. Mulai dari mereka yang memang sudah bekerja, sampai ke mereka yang baru lulus kuliah, bahkan Ibu Rumah Tangga.

Baca juga: Tips Investasi di Kripto Agar Tidak Boros Kelola Uang THR

BERITA TERKAIT

Berikut ini adalah beberapa contoh pekerjaan sampingan mudah yang cukup berpotensi dan menghasilkan dan tidak diperlukan pendidikan tinggi untuk dijalankan.

Pertama, membuka katering rumahan.

Untuk kalian ibu rumah tangga atau pekerja rumahan, jika kalian memiliki resep spesial ataupun resep turun temurun, kalian dapat membuka usaha katering rumahan atau melayani pesanan katering secara online.

Hal ini banyak dilakukan oleh sebagian besar ibu-ibu di Indonesia karena selain menekuni hobi yang mereka senangi, mereka dapat menghasilkan uang tambahan dengan cara yang menyenangkan.

Baca juga: Pemula Perlu Tahu, Ini 5 Tips Investasi Saham Agar Terus Cuan

Mengerjakan bisnis katering rumahan tentu diperlukan kemampuan memasak yang besar, namun tidak perlu memiliki pendidikan tinggi untuk menekuni profesi ini.

Kita hanya perlu memastikan kalian memiliki kapasitas memasak yang besar dan tentunya, pastikan koneksi serta kreatifitas kalian selalu berkembang, sehingga bisnis yang kalian jalankan dapat terus memberikan penghasilan tambahan.

Kedua, menawarkan jasa freelance. Setiap kalian pasti memiliki keahlian khusus yang berawal dari hobi seperti keahlian dalam bidang translator, copywriter, editor, designer, photo/ videografer dan masih banyak lagi.

Halaman
123
Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas