Tribun Bisnis

Sri Mulyani Sebut Uang Rupiah Baru Tak Sekadar Mata Uang Tapi Gambarkan Perjalanan Indonesia

Desain yang terlukis di setiap lembar uang rupiah kertas memiliki makna yang sangat mendalam.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Sri Mulyani Sebut Uang Rupiah Baru Tak Sekadar Mata Uang Tapi Gambarkan Perjalanan Indonesia
HO
Menkeu Sri Mulyani menyebut uang kertas rupiah baru sebuah mata uang yang menggambarkan perjalanan dari bangsa dan negara NKRI. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkap makna dari tujuh pecahan uang rupiah kertas berdesain baru tahun emisi 2022, sehingga tidak sekadar mata uang saja.

Namun, kata Sri Mulyani, desain yang terlukis di setiap lembar uang rupiah kertas memiliki makna yang sangat mendalam.

“Rupiah adalah tidak sekadar mata uang, tapi ini adalah sebuah mata uang yang menggambarkan perjalanan dari bangsa dan negara NKRI. Di dalam setiap lembaran rupiah terdapat berbagai cerita dan narasi mengenai kebangsaan dan bangsa Indonesia,” ucap Menkeu dalam peluncuran pecahan uang Rupiah di Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Baca juga: Cara Mendapatkan 7 Pecahan Uang Rupiah Kertas Baru, Berikut Ini Link Penukaran dan Daftar Nominalnya

“Rupiah sebuah motif spirit. Untuk di sisi satu adalah keberagaman, dan di sisi lain ada kebersatuan. Ini adalah lambang dan sekaligus komitmen bagi kita semua,” sambungnya.

Sri Mulyani menegaskan, rupiah adalah satu-satunya alat pembayaran yang sah di di wilayah NKRI, sehingga masyarakat harus menjaga dan bangga dengan mata uang Garuda.

“Sudah selayaknya rupiah sebagai alat pembayaran yang sah, harus dihormati dan dibanggakan oleh kita semua. Bersama rupiah kita bangkit untuk lebih kuat menuju Indonesia maju,” pungkas Sri Mulyani.

Tujuh Uang Kertas Rupiah Baru

Pemerintah bersama Bank Indonesia melangsungkan peluncuran tujuh pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 di Jakarta, Kamis (18/8/2021).

Pemerintah dan Bank Indonesia meluncurkan pecahan uang kertas baru tahun 2022.
Pemerintah dan Bank Indonesia meluncurkan pecahan uang kertas baru tahun 2022. (ist)

Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 (Uang TE 2022) terdiri atas pecahan uang Rupiah kertas Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000.

Uang dengan desain visual baru ini tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016.

Sebagai informasi, ketujuh pecahan Uang TE 2022 secara resmi berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bertepatan pada HUT-77 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2022.

Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Baca juga: Ini Cara Masyarakat Dapatkan Tujuh Uang Rupiah Desain Baru

Pengeluaran dan pengedaran Uang TE 2022 merupakan salah satu pelaksanaan amanat UU Mata Uang sebagai bagian dari perencanaan pemenuhan kebutuhan uang masyarakat tahun 2022 dan dengan tetap menerapkan tata kelola yang baik sesuai Undang-Undang.

Adapun pengeluaran Uang TE 2022 tidak memiliki dampak pencabutan dan/atau penarikan Uang Rupiah yang telah dikeluarkan sebelumnya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas