Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kompasfest 2022 Digelar 19-20 Agustus: Wadah Generasi Muda Kembangkan Potensi Dan Kreativitas

Kompasfest 2022 merupakan festival sekaligus wadah bagi generasi muda untuk mengembangkan potensi dan kreativitas.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Kompasfest 2022 Digelar 19-20 Agustus: Wadah Generasi Muda Kembangkan Potensi Dan Kreativitas
Tribunnews.com/Bambang Ismoyo
Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Sutta Dharmasaputra. Harian Kompas menggelar Kompasfest 2022 bertajuk 'Freedom' di M Bloc Space dan Kala di Kalijaga, Panglima Polim, Jakarta Selatan, pada 19-20 Agustus 2022. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Harian Kompas menggelar Kompasfest 2022 bertajuk 'Freedom' di M Bloc Space dan Kala di Kalijaga, Panglima Polim, Jakarta Selatan, pada 19-20 Agustus 2022.

Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Sutta Dharmasaputra yang hadir dalam pembukaan acara tersebut mengatakan, Kompasfest 2022 merupakan festival sekaligus wadah bagi generasi muda untuk mengembangkan potensi dan kreativitas.

Diketahui, pandemi Covid-19 tak hanya memberikan dampak bagi kesehatan fisik, ekonomi, dan sosial, tetapi juga kesehatan mental, terutama bagi generasi muda, yang semakin merasa kurang aman.

Baca juga: Kompasfest : Navigate, Ajak Generasi Muda Asah Keterampilan Baru dan Finansial

Padahal, lanjut Sutta, ke depannya Indonesia masih akan dihadapkan sejumlah tantangan baru. Mulai dari krisis perubahan iklim, hingga krisis finansial.

Berdasarkan survei Persakmi dan Ikatan Alumni Universitas Airlangga Komisariat Fakultas Kesehatan Masyarakat Juni 2020 yang melibatkan 8.031 responden di seluruh provinsi di Indonesia, lebih dari 50 persen responden mengalami tekanan dengan kategori tertekan dan sangat tertekan selama pandemi Covid-19.

"Kita baru saja melewati tantangan krisis kesehatan. Ke depannya kita akan menghadapi tantangan krisis perubahan iklim atau lingkungan," ucap Sutta Dharmasaputra di M Bloc Space Jakarta, Jumat (19/8/2022).

BERITA REKOMENDASI

"Kemudian, efek dari perang Rusia-Ukraina kita akan dihadapkan oleh krisis energi, krisis pangan, bahkan finansial," sambungnya.

Sederet ancaman tersebut, harus segera direspon oleh semua pihak, agar penerus bangsa ini dapat semakin aktif dan terus berinovasi.

Baca juga: Tingkatkan Akses Bacaan Anak di Pulau Rinca, Kompas Salurkan Bantuan Buku

Maka dari itu Kompasfest 2022 yang digelar selama dua hari (18-20 Agustus 2022) menghadirkan 12 konferensi, 36 kelas workshop dan berbagai pertunjukan dari artis atau musisi muda Tanah Air.

"Oleh karena itu, anak muda Indonesia harus siap menghadapi tantangan serta mampu memanfaatkan peluang ke depan. Dan saya berharap anak muda bisa mengasah pengetahuan dan kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai narasumber yang hebat-hebat," ungkapnya.

Sementara itu dalam kesempatan berbeda Vice General Manager Event Harian Kompas, Budhi Sarwiadi mengatakan, Harian Kompas ingin turut ambil bagian dalam melawan rasa ‘insecure’ yang dirasakan anak-anak muda sekarang.

Sekaligus menjadi sarana bagi generasi muda agar lebih kreatif dan siap menghadapi perubahan zaman.

"Untuk itu, kami dari Divisi Event Harian Kompas kembali menggelar Kompasfest 2022 yang merupakan festival kreatif yang fokus menginspirasi generasi muda untuk mengembangkan potensi dan kreativitas dalam diri mereka,” ujar Budhi Sarwiadi.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas