Tribun Bisnis

Industri Game

Industri Gim Sebagai Media Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia di Masa Mendatang

Perkembangan teknologi digital membuat industri game juga menjadi roda penggerak dari ekonomi di tiap negara.

BizzInsight
zoom-in Industri Gim Sebagai Media Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia di Masa Mendatang
Shutterstock
Ilustrasi industri game di Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM – Seiring kian berkembangnya teknologi saat ini, berbagai industri turut mengalami perkembangan. Salah satunya adalah industri game yang terus bertumbuh positif dan seamless seiring berjalannya waktu.

Tak hanya dalam ranah perkembangan teknologi digital, Industri game juga menjadi roda penggerak dari ekonomi di tiap negara. Bahkan, berbagai negara menjadikan industri game sebagai poros utama penggerak ekonomi digital, seperti Jepang, Tiongkok, Amerika Serikat, dan Korea Selatan.

Keempat negara tersebut telah menjadi pioner dan membuka jalan sebagai contoh negara yang berhasil menumbuhkan ekonomi lewat industri gim.

Lalu, bagaimana dengan Indonesia? General Manager Singapore and Regional Director (SEA) Tencent Cloud Internasional Kenneth Siow melihat potensi ekonomi digital Republik Indonesia menjanjikan. Hal ini juga memungkinkan industri game bisa bertumbuh hingga menyentuh titik maksimalnya di masa mendatang.

"Indonesia negara demokrasi yang berkembang yang didukung stabilitas sosial dan politik. Indonesia juga berpotensi mencapai double digital GDP year-on-year," kata Kenneth dalam wawancara dengan Tribun Network, Selasa (24/5/2022).

Tak hanya itu, keberadaan populasi anak-anak muda kreatif yang berada di kelompok usia milenial dan gen Z menjadikan ekonomi digital, khususnya industri gim di tanah air dapat terus dikembangkan sebagai bidang yang potensial.

"Kami percaya masa depan ekonomi digital di Indonesia akan berkembang pesat," jelas Kenneth.

Infrastruktur 5G yang makin menjanjikan dukung kemajuan industri game

Meski masih dalam tahap perkembangan, ekonomi digital di Indonesia bisa terus naik kelas lewat pertumbuhan berbagai infrastruktur digital yang ada. Salah satunya didukung modernisasi jaringan 5G, sehingga internet di Indonesia bisa lebih inklusif dan menciptakan pasar dan pemain baru di ekonomi digital.

Kenneth menilai Indonesia tidak tertinggal dalam hal infrastruktur internet, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya.

General Manager Singapore and Regional Director (SEA) Tencent Cloud Internasional Kenneth Siow.
General Manager Singapore and Regional Director (SEA) Tencent Cloud Internasional Kenneth Siow. (Istimewa)

"Layanan internet yang tersedia di Indonesia sama dengan di Beijing dan Shanghai. Sangat memungkinkan potensi marketnya tumbuh cepat," paparnya.

Kenneth juga mengungkapkan, melalui kombinasi pengguna smartphone yang besar di Indonesia dengan teknologi jaringan 5G yang kuat, ia yakin dengan bertumbuhnya masa depan industri gaming di Indonesia.

“Dengan perkembangan jaringan 5G dan pengguna mobile phone yang besar, industri gaming di Indonesia punya prospek yang sangat cerah,” kata kenneth.

Kerja sama dengan media live streaming lokal

Optimisme Tencent Cloud sebagai salah satu penyedia layanan cloud terkemuka dan dengan pertumbuhan tercepat di dunia juga ikut memberikan dukungan kepada ekonomi digital Indonesia, salah satunya dengan memfasilitasi ekosistem para pelaku industri game.

Sebagai contoh, pada Januari 2022 lalu, Tencent Cloud menggandeng GOX Indonesia, layanan live streaming khusus gaming pertama di Indonesia.

Kolaborasi ini diharapkan dapat menawarkan solusi live streaming dan esports yang berkualitas di Indonesia dan Asia Pasifik, seiring dengan kian berkembangnya pasar hiburan di Asia. Kontrak kerja sama ini akan berjalan selama empat tahun ke depan.

Jack Lontoh, Co-Founder GOX Indonesia mengungkapkan, sudah waktunya Indonesia merambah ke media baru yang dapat meningkatkan pengalaman gaming, yaitu live streaming game, terutama pada masa pandemi, di mana pertumbuhan jumlah gamer justru bertambah.

“Karena adanya pandemi, banyak yang mencari pekerjaan melalui ranah digital. Kami memberikan peluang pekerjaan untuk para gaming content creator,” ujar Jack.

Tren yang dibentuk saat ini terus bertumbuh dan makin diminati lantaran akses internet yang makin mudah didapatkan. Bermula dari komunitas game online, kini game terus bertumbuh dan dekat dengan masyarakat.

“Awalnya dari online gaming community, walaupun game-nya kebanyakan mobile dan PC, trennya kami lihat sudah makin banyak jumlahnya berkat akses ke internet,” tambah Jack.

Jack Lontoh, founder GOX Indonesia.
Jack Lontoh, founder GOX Indonesia. (ISTIMEWA)

Dengan kerja sama yang dilakukan oleh Tencent Cloud dan GOX, kini para pelaku industri game, mulai dari gamer, streamer, sampai content creator makin bisa berkontribusi lebih banyak terhadap pertumbuhan industri gaming lewat produktivitas yang dilakukan.

Melalui kolaborasi tersebut, Jack yakin Tencent Cloud dapat mempercepat pertumbuhan GOX dengan memastikan stabilitas kualitas layanan streaming terbaik, salah satunya dengan menyediakan kualitas live streaming yang stabil.

GOX memulai kolaborasi mereka dengan Tencent Cloud pada Januari 2022. Kemitraan dengan Tencent, kata Jack, telah mengubah posisi GOX secara total sebagai live streamer, karena stabilitas dan bebas delay adalah dua kualitas utama yang diberikan oleh Tencent Cloud yang merupakan hal terpenting bagi mereka. platform streaming langsung.

“Dalam hal stabilitas, konten video kami, konten video kami tidak ketinggalan berkat Tencent Cloud. Sebelumnya, ini adalah hal yang sulit untuk dicapai, ”kata Jack.

Bertujuan menjadi media terbesar bagi para live streamer dan pegiat game generasi Z, Jack juga mengatakan bahwa Tencent Cloud sangat suportif dalam mewujudkan misi GOX tersebut.

Jack juga menyatakan bahwa Tencent Cloud adalah mitra yang sangat suportif. Sebagai perusahaan game global, kemitraan dengan Tencent sangat penting bagi GOX karena mendukung stabilitas streaming langsung yang kuat yang belum pernah ada sebelumnya.

Jika perkembangan GOX semakin luas, tambah Jack, GOX juga akan menjalin kerjasama lebih lanjut dengan Tencent Games, seperti dengan games atau event-event yang diadakan oleh Tencent.

Demi mencapai hal tersebut, Tencent Cloud juga telah meluncurkan Internet Data Center (IDC) di Jakarta dua kali dalam setahun guna memenuhi tuntutan kebutuhan dari bisnis Indonesia yang memiliki minat signifikan dalam memanfaatkan layanan cloud milik Tencent Cloud.

"Data center memungkinkan Tencent Cloud supaya bisa lebih dekat dengan pelanggan dan penggunanya, demi mengurangi akses yang tertunda terhadap data dan aplikasi serta membantu bisnis maupun organisasi di tanah air dalam mempercepat transformasi digital," pungkas Kenneth.

Tencent Cloud memegang peran penting untuk memajukan industri game di Indonesia demi pertumbuhan ekonomi lewat berbagai dukungan terhadap penggiat game dan akan terus dilakukan hingga masa mendatang.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas